5 Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan

Untuk sebagian orang atau kebanyakan orang, tanaman binahong memang terdengar asing ditelinga. Daun binahong adalah sejenis tanaman obat yang bisa tumbuh di berbagai tempat termasuk dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan maupun pengobatan khususnya untuk ayam aduan kesayangan. Manfaat daun binahong yang pada awalnya berasal dari daerah Korea ini konon telah banyak digunakan oleh tentara Vietnam ketika berperang melawan Amerika. Selain daunya, akar dan batang serta umbi tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan kesehatan dan obat. Pantas tanaman binahong mendapat julukan tanaman surga karena khasiatnya. Khususnya pada bagian daun  binahong banyak mengandung antioksidan flavonoid yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan juga mengandung. Antimikroba yang sangat reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka luar setelah bertarung. Khasiat daun binahong juga mengandung asam askorbat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan.

1.    Menurut pengalaman peternak ayam aduan dengan memberikan daun binahong segar setiap pagi membuat ayam sehat dan terhindar dari pilek (mulut berlendir dan ngorok) dan peradangan pada saluran pernafasan. Selain sebagai pencegah ngorok, daun binahong juga bisa sebagai obat. Caranya : ambil daun binahong secukupnya 1 helai kecil untuk ayam kecil, 2 helai daun besar untuk ayam dewasa. 3-4 helai daun kalau memang dirasakan sudah cukup parah. Untuk CRD yang belum kronis cukup diberikan 1 kali dalam sehari di ulang keesokanya sampai sembuh, namun jika sudah cukup parah bisa diberikan 2 kali sehari sampai sembuh. Dari pengalaman pribadi dan kawan-kawan dalam waktu sehari (24 jam) ngorok sudah sangat berkurang sehingga hanya butuh waktu 2 hari untuk sembuh total.

2.    Selain itu, tanaman binahong juga mengandung zat anti pengentalan darah yang bisa membuat jantung bekerja lebih ringan. Dengan mengkonsumsi daun binahong nafas ayam menjadi lebih  panjang dan mengupayakan jantung memompa darah lebih ringan (karena darah encer). Sering kali menemui  ayam yang ngos-ngosan (nafas pendek) padahal baru beberapa menit  bertanding. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan dan darah mengental. Contoh saat anda berlari atau berolah raga, paru-paru akan bekerja ekstra untuk menarik dan menyimpan nafas dalam kantung paru dan jantung memompa lebih kuat dari biasanya. Apa lagi kalau darah mengental, jantung akan memompa lebih ekstra lagai. Saat pertandingan/pertarungan ayam  membutuhkan organ yang prima atau akan terjadi kegagalan kerja terutama paru-paru dan jantung  pada organ tersebut. Dengan pemberian  daun binahong pada ayam setiap pagi, semua kerja jantung dan paru-paru akan sangat terbantu karena kandungan zat yang ada pada  daun binahong.

3.    Kandungan zat pada daun binahong ternyata juga mempunyai manfaat untuk mengurangi radang sendi yang mungkin saja terjadi karena ayam bertarung dalam rounde panjang (ronde 4/5). Peradangan karena benturan dapat membuat kecacatan fisik permanen jika tidak segera ditangani. Nah, daun binahong lah menjadi salah satu jalan keluar yang mudah dan efektif.

4.    Daun binahong dapat digunakan sebagai obat anti korep yang ampuh, setelah bertarung, jengger ayam atau kepala ayam di bersihkan menggunakan air, selanjutnya remas-remas daun binahong sampai berair dan air tersebut di oleskan pada bagian yang luka akibat tarung, hanya 2 olesan luka akan cepat kering dan terhindar dari korep maupun infeksi. 

5.    Baik juga digunakan sebagai campuran di makananya atau di gunakan sebagai campuran air minum, ayam akan menjadi sehat, bulu ayam menjadi mengkilat bersinar, hal ini telah terbukti oleh beberapa peternak di daerah Berbah.

Baca juga: Contoh Dosis Ramsum Untuk Ayam Aduan

Manfaat daun binahong ternyata belum habis sampai disitu. Daun binahong setidaknya mempunyai 21 manfaat menurut keterangan dari para ahli  tanaman obat. Dengan banyaknya khasiat binahong, tanaman ini pantas menyandang sebutan tanaman surga.

Catatan: Saat penghobi memberikan konsumsi daun binahong kepada ayamnya, jangan berikan obat lain secara bersamaan. Karena ekstrak daun binahong ini cukup kuat untuk konsumsi ayam.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
18 July 2016 at 20:25 ×

Catatan: Saat penghobi memberikan konsumsi daun binahong kepada ayamnya, jangan berikan obat lain secara bersamaan. Karena ekstrak daun binahong ini cukup kuat untuk konsumsi ayam.

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon