Manfaat Enceng Gondok dan Jangkrik Untuk Ayam Laga

Manfaat enceng gondok untuk ayam aduan

Seperti yang sudah kita kenal, daun enceng gondok merupakan tanaman air yang biasa tumbuh pada permukaan air seperti di kolam, sungai, rawa, danau, dan beberapa tempat dengan genangan air lainnya. Dan terkadang daun enceng gondok ini hanya dianggap sebagai hama oleh masyarakat. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini pun cukup pesat sehingga dianggap mengganggu. Dibalik semua itu, ternyata daun enceng gondok ini memiliki fungsi lain yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah memiliki nilai ekonomis dan efektif untuk ayam aduan yang bisa di manfaatkan untuk menghemat biaya pakan ayam.

Baca juga:

Kandungan dan Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan
Kandungan dan Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan
 
Menghemat pakan dengan mencampurkan daun enceng gondok ke dalam pakan dapat menghemat biaya. praktis dan berguna. Karena bahannya banyak terdapat di sekitar lingkungan kita. Sebaiknya daun enceng gondok yang masih segar dicincang dan dicampur dengan pakan utama seperti dedak dan lain-lain agar semua sumber nutrisi dalam enceng gondok tidak hilang dan pemberian minum menggunakan madu juga perlu dilakukan karena akan berfungsi sebagai penambah asam untuk daun enceng gondok ini. 

Alasan dan manfaat yang akan diperoleh dari pemberian pakan yang dicampur dengan daun enceng gondok antara lain adalah sebagai berikut : 
Pada daunnya terdapat kalsium tinggi yang baik untuk pertumbuhan.
Kandungan karoten dalam daun lebih tinggi yang menghasilkan protein tinggi untuk pengganti bekatul.
Terdapat provitamin A yang berfungsi untuk menambah warna kuning telur.
Dalam enceng gondok terdapat 40 % protein kasar, dan sisanya protein murni yang setara dengan susu dan kedelai.
Kandungan yang terdapat dalam enceng gondok

Bahan kering                                                        : (BK ) 83,34
Protein kasar (PK )                                              : 40 %
Serat kasar (SK )                                                 : 15,25
Lemak kasar (LK)                                               : 3,67
Bahan ekstak tanpa nitrogen (BETN)                   : 31,53
Kalsium (Ca)                                                       : 1,81
Posfor (P)                                                            : 0,52
Abu                                                                     : 16,46
Energi kasar (GE)                                                : 33,84 Kal/gr

Enceng gondok ini selain mudah didapatkan dan gratis ternyata memiliki manfaat yang lumayan banyak seperti yang ditulis diatas tadi. Tidak ada salahnya untuk mencobanya khususnya bagi peternak ayam aduan yang mempunyai banyak ayam ada baiknya menghemat pakan dengan enceng gondok ini. Baca juga artikel tentang Manfaat Belut Untuk Ayam Laga atau Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan.


Manfaat  jangkrik untuk ayam aduan 

Seperti yang sudah kita ketahui, tidak asing lagi mengetahui serangga yang memiliki tubuh rata, antena panjang dan memiliki 2 sayap yang tipis yang disebut jangkrik ( gryllidae ). Pada umumnya jangkrik merupakan hewan omnivora, dikenal dengan suaranya yang nyaring dan hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan saja. suara ini berasal dari sayap bagian belakang yang bergerak, bergetar dan bergesek sehingga menghasilkan bunyi nyaring. Apabila suhu sekitar dingin, maka suara jangkrik akan bertambah nyaring. Akan tetapi, ketika cuaca panas suaranya akan semakin lirih. 

Binatangb ini biasanya berkembang biak di tanah atau tempat-tempat yang lembab seperti persawahan. Sebenarnya terdapat lebih dari 100 jenis jangkrik yang terdapat di Indonesia dari referensi yang ada dan tidak bisa dijelaskan satu per satu disini. Akan tetapi, menurut beberapa sumber jenis-jenis yang dapat diketahui secara umum yaitu :
Jangkrik pohon, 
Jangkrik semak,
Jangkrik sisik, 
Jangkrik semut,
Jangkrik ekor pendek, 
Jangkrik Kebun 
Berdasarkan penelitian yang ada, kandungan yang terdapat dalam jangkrik berupa hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. Dan mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya. Kandungan protein yang ada dalam jangkrik tinggi, yakni mencapai 57,32 %. Selain itu, binatang ini juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami. sedangkan minyak jangkrik mengandung DHA, ARA, Omega 3 dan Omega 6 dimana berfungsi sebagai suplemen yang membantu dalam pertumbuhan kecerdasan otak.

Nah, dengan penjelasan khasiat yang terkandung dalam binatang jangkrik ini, maka pemberian jangkrik sebagai pakan ayam aduan sebenarnya sangat baik. Karena seperti yang sudah ditulis di atas  jangkrik memiliki kandungan gizi yang tinggi. kandungan nutrisi dan protein dari hewan tersebut akan berpengaruh dalam meningkatkan kondisi dan ketahanan daya tahan tubuh ayam. Dan biasanya ayam aduan yang diberi pakan jangkrik ini menjadi lebih lincah, sehat, enerjik dan merah badannya. Dengan memperhatikan pola pemberian jangkrik yang sesuai dengan porsinya, maka dapat meningkatkan kesehatan ayam aduan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam.

Referensi: Wikipedia.org

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
12 November 2015 at 07:02 ×

Pengganti jangkrik untuk ayam. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai ayam.

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Pengganti jangkrik untuk ayam

Reply
avatar
Anonymous
admin
16 August 2016 at 05:07 ×

info yang menarik ini gan, buat ayam kampung juga bisa yaa..

Reply
avatar
Unknown
admin
17 August 2016 at 06:37 ×

sangat bisa gan, di daerah berbah, tempat tinggal saya pada menggunakan enceng gondok sebagai pakan tambahan ayam kampung..

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon