6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ayam Aduan

Salam super untuk para sobat penghobi ayam laga. Taukah anda kalau pemanfaatan kacang hijau bukan hanya untuk manusia saja, namun juga untuk hewan peliharaan khususnya di sini adalah ayam aduan. Karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau, maka peternak sering kali menggunakan kacang hijau ini untuk mempercepat pertumbuhan ayam aduaannya.


Baca juga: BETERNAK AYAM ADUAN DENGAN CEPAT  

Kacang hijau mempunyai kandungan gizi antara lain: serat, vitamin A, B1, B2 dan B6, karotenoid, mineral essensial, asam folat, protein, kalsium, dan beberapa jenis kandungan lainnya yang bermanfaat untuk ayam aduan. Cara pemberian kacang hijau khususnya untuk ayam aduan dapat dilakukan dalam beberapa cara tergantung si ayam. Antara lain:

• Dengan mencampur pakan utamanya dengan kacang hijau secara rutin. Tapi biasanya ayam tidak mau langsung memakannya, tetapi sekitar 2-5 hari baru mau memakannya.
Jika ayam mau langsung makan kacang hijau yang dicampur dengan pakan rutin harian, itu sangat bagus, karena kadang ada juga ayam yang tidak mau makan kacang hijau.

• Jika benar-benar tak mau makan maka sebagai gantinya boleh juga di kasih dalam bentuk toge kacang hijau.  Caranya di rendam sampai tumbuh jadi toge, kecambah terus di berikan pada ayam. Atau beli di pasar tradisional juga banyak dan murah.

• Cara lainnya kacang hijau  di giling/diselep terlebih dahulu tanpa direndam,  kemudian setelah kacang hijau halus di tambahkan air sdikit sekiranya bisa dikepal, ambil secukupnya saja, kira-kira sebesar jari telunjuk untuk dilolohkan pada ayam.

• Atau juga di giling untuk di jadikan tepung, kalau ini kacang hijaunya harus kering. Setelah jadi kering campurkan pada makanan utamanya. Cocok dicampur dengan bekatul atau poer yang di kasih air, dengan begitu tepung kacang hijau bisa menyatu. Jadi pasti ayamnya mau memakannya.

Baca juga:
14 Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam Aduan 
5 Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan  
5 Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan

Nah, untuk 6 manfaatnnya adalah:

1. Serat-serat yang dimiliki kacang hijau dapat bermanfaat sebagai pelapis usus agar ayam tidak mengalami kerusakan saluran cerna.
2. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam kacang hijau merupakan perpaduan yang sangat baik untuk menangkal jenis oksigen turunan yang biasa disebut Reactive Oksigen Species (ROS) yang berbahaya bagi ayam.
3. Kacang hijau juga mengandung sejumlah mineral sehat mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh sehingga ayam tidah mudah sakit. Mangan adalah cofaktor untuk enzim antioksidan, dalam radikal bebas yang sangat kuat.
4. Selain itu kacang hijau juga mengandung kalsium dan fosfor untuk membantu memperkuat tulang. Memperkuat tulang, dapat diartikan juga tulang kaki ayam menjadi cukup keras saat digunakan untuk memukul lawan. Oleh karena itu, jika ingin pukulan ayam lebih baik, biasakan campurkan kacang hijau dalam makanan utama. Dengan mengkonsumsi kacang hijau ayam menjadi lebih kuat dari serangan radikal bebas, penyakit dan menyusun tulang agar lebih kuat untuk menciptakan pukul keras.
5. Kacang hijau sangat baik bagi kesehatan jantung si ayam. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh, bagi ayam yang kegemukan kacang hijau sangat baik.
6. Manfaat kacang hijau untuk ayam selanjutnya adalah dapat membantu penyerapan protein dan meningkatkan kinerja syaraf. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.
Sekian, semoga bermanfaat.  Salam sukses penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon