Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Ayam Aduan

sumber: kesehatan-kulit.info
Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Ayam Aduan - Sobat penghobi ayam laga pasti sudah kenal sama buah yang satu ini, rasanya yang manis jika sudah matang dan tanaman ini mudah ditemui di berbagai tempat di lingkungan sekitar kita. Karena pohon jambu biji ini biasa tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, bahkan pohon jambu biji bisa tumbuh dengan baik tanpa perawatan khusus dan juga sering tumbuh di alam liar tanpa ada yang menanam, penyebaran tumbuh di alam liar disebabkan biji dibawa oleh burung atau hewan lain dan jatuh akhirnya tumbuh menjadi tanaman baru.

Baca juga:
Kandungan dan Manfaat Tomat Untuk Ayam
Kandungan dan Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Selama ini mungkin kita melihat jambu biji  biasa-biasa saja sebagai tanaman yang tumbuh liar di ladang atau di kebun, tetapi dibalik semua itu ternyata jambu biji juga daunnya memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Bukan hanya untuk manusia, daun jambu biji juga bisa bermanfaat untuk hewan peliharaan khususnya di sini ayam aduan.

Salah satu bagian tanaman jambu biji selain buahnya yang kaya akan manfaat adalah daun jambu biji. Daun jambu biji kaya akan manfaat karena didalam daun jambu biji terkandung banyak kandungan positif. Banyak produsen pada bidang farmasi yang menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit hewan ternak. Lantas, kandungan positif apa sajakah yang terkandung di dalam daun jambu biji? Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji.

Banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh daun jambu biji. Dalam daun jambu biji terdapat kandungan karbohidrat dengan jumlah 11,88 gram. Sementara kandungan protein sebesar 0,82 gram.
Yang paling banyak kandungannya adalah serat yaitu sebesar 5,4 gram. Lemak total dalam daun jambu biji sebesar 0,6 gram, kalsium 20 mg, magnesium 10 mg, fosfor 25 mg, natrium 3 mg, dan juga folat 14 mg.

Sementara kandungan lainnya yang terdapat dalam daun jambu biji adalah vitamin C yang sangat besar sebesar 183,5 mg. Diperkirakan jumlah tersebut melebihi jumlah kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Selain itu kandungan fitonutrien lainnya dalam daun buah jambu biji adalah vitamin A 792 UI, niacin 1,2 mg, kalium 284 mg, riboflavin 0,05 mg, dan vitamin E 1.120 mg.
Daun jambu biji kaya akan kandungan zat antioksidan, antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin, serta membantu meredakan rasa sakit.

Karena semua kandungan tersebut, daun buah jambu biji punya banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan ayam. Mengenai apa saja manfaat daun buah jambu biji bagi kesehatan disini akan diuraikan untuk anda.

Daun jambu biji bersifat anti-oksidan, tetapi beberapa uji medis mendapati fakta bahwa daun jambu biji putih lokal memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang jauh lebih tinggi daripada daun jambu biji berwarna merah. Berikut ini beberapa manfaat daun jambi biji dan cara pemanfaatannya:

1.    Mengobati diare/mencret
Daun jambu biji dapat mengobati diare/mencret pada ayam karena dalam daun buah jambu biji terdapat kandungan serat dalam jumlah yang tinggi. Cara mengobati: Ambil 2-3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Kemudian bersihkan terlebih dahulu daun jambu biji agar bersih higienis. Setelah itu tumbuk daun biji di campur dengan garam dan langsung lolohkan pada ayam yang terkena diare/mencret. Selain cara tersebut, anda juga bisa mencampurkan tetesan air daun jambu biji ke dalam minuman ayam ditambah dengan madu sedikit. Baca selengkapnya pada artikel

2.    Mengobati Luka Memar
Ayam aduan sering memar di bagian kepala atau bagian tubuh lain jika habis bertarung dengan ayam lain. Kandungan steroid dalam daun jambu biji bisa berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka luar pada tubuh. Dan juga Komponen ekstrak daun jambu biji memiliki sifat anti – bakteri, yang mencegah infeksi pada luka kulit. Manfaat ini bisa di peroleh dengan mengoleskan daun jambu biji yang sudah dihaluskan atau ditumbuk pada bagian kulit tubuh ayam yang luka atau memar.

3.    Sebagai Antioksidan
Daun jambu biji kaya antioksidan kuat seperti vitamin C dan quercetin yang menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit yang melemahkan  tubuh si ayam.

Sobat penghobi ayam laga bisa mendapatkan manfaat lengkap ini hanya dengan beberapa helai daun jambu biji yang bisa di dapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa mengambilnya langsung dari kebun yang Anda tanam sendiri atau bahkan meminta pada tetangga atau juga pada jambu biji yang tumbuh liar di kebun atau tempat lain. Keberadaan tanaman jambu biji tergolong mudah tumbuh tanpa diperlukan sejumlah perawatan khusus. Para sobat penghobi ayam laga dapat memperbanyak dengan cara cangkok sehingga mempermudah pula untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji yang luar biasa ini. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
15 June 2019 at 02:16 ×

Saya suka artikel kamu gan.. banyak manfaatnya.. seperti artikel saya yang berjudul Mengenal Jenis Ayam Bangkok Suro Asli

Congrats bro agenayamterpercaya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon