Membuat Jamu Dari Buah Pinang/Jambe Untuk Mendongkrak Stamina dan Tenaga Ayam

buah pinang yang sudah masak: wikipedia.org
Ketika menyebut jambe saya langsung teringat pada penjual obat cacing jambe di pasar Prambanan, karena setiap kali  ayam saya cacingan pasti akan saya kasih jambe. Karena terbukti selama ini obat jambe sangat manjur obati cacingan pada ayam. Buah jambe adalah salah satu tumbuhan yang serumpun dengan pohon kelapa. Pohon jambe kalau di tafsirkan ke bahasa Indonesia adalah pohon pinang.

Nah, tapi pada kesempatan kali ini bukan obat cacingan yang dimaksud melainkan jamu dari buah pinang/jambe untuk mendongkrak stamina dan tenaga ayam aduan. Cara membuat racikan buah pinang untuk sebagai pendongkrak stamina pada ayam aduan sendiri terbilang mudah, sehingga kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Dan tentu saja dengan hasil yang sangat memuaskan, ini sudah terbukti ke ayam-ayam kesayangan saya.

Baca juga:
Manfaat Rumput Teki Untuk Ayam Aduan Untuk Menjaga Kesehatan 
Manfaatnya Keong Mas Bagi Ayam Aduan

Ayam aduan adalah ayam yang bisa dibilang lengkap dalam aktifitas, mulai dari latihan abar, olahraga, penjemuran, pemandian, sampai turun ke arena pertarungan untuk duel. Nah, ayam aduan sendiri ketika turun ke arena pertarungan juga tidak bisa hanya mengandalkan rawatan harian yang biasa saja, tapi perlu adanya suplemen jamu agar ayam bisa tampil lebih garang dalam arena duel ayam.

Pemberian jamu dari buah jambe/pinang sendiri di yakini sangat manjur dalam mendongkrak stamina dan tenaga ayam sehingga ayam menjadi lebih kuat serta tenaga melimpah ruah.

Cara membuat jamu ayam aduan dari buah jambe/pinang bisa dibilang mudah, sehingga pada kali ini saya bisa uraikan dan mudah dipahami tentang cara membuat jamu ayam aduan dari buah jambe/pinang. Cara membuatnya sebagai berikut :

Sediakan bahan ini:
1.    4 buah jambe yang sudah tua
2.    Satu sendok makan madu
3.    Satu sendok makan kopi bubuk

Cara membuatnya:
1. Yang pertama 4 buah jambe di kupas lalu di iris tipis – tipis seperti ceriping.  Selanjutnya di jemur hingga benar – benar kering. Kemudian di tumbuk hingga halus. Dan perlu di ingat harus benar – benar halus.
2. Campurkan tumbukan buah pinang/jambe yang sudah halus tadi dengan madu satu sendok makan. Perlu di ketahui bhawa madu sebagai rasa manis serta dengan kandungan enzim yang sangat di butuhkan oleh badan ayam aduan.
3. Langkah berikutnya campurkan kopi bubuk pada semua bahan yang telah di campur tadi, sehingga sumua bahan tercampur semua. Aduk hingga rata sampai benar – benar halus.
4. Selanjutnya dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng agar mudah dalam pemberiannya, bisa langsung diberikan atauoun bisa dikeringkan untuk kebutuhan mendatang.

Dalam pemberian kepada ayam, kita harus tahu tentang takaran dosis jamu ayam aduan tersebut agar tidak kelbihan dosis. Jamu ini bisa di berikan seminggu sekali ketika ayam aduan mau bertanding di arena duel. Sehingga ketika dalam arena ayam aduan anda akan mempunyai tenaga dan stamina yang ektra kuat, sehingga ayam anda tidak bakalan kehabisan tenaga ketika dalam arena pertarungan.

Artikel terkait:
Cacing Tanah Untuk Menambah Kekuatan Pukulan Ayam Aduan 
Cara Membuat Jamu Untuk Ayam

Dengan ulasan di atas tentang membuat jamu dari buah jambe/pinang sebagai pendongkrak stamina dan tenaga ayam aduan tidak ada salahnya untuk dicoba. Seperti kita ketahui bahwasannya jamu dengan bahan alami itu jauh efek samping negative, yang ada malah efek positif. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon