Cara Kirim Ayam Lewat Kereta atau Bus

Bagaimana cara mengirim ayam via darat? Sebenarnya ada banyak cara mengirim paket ayam aduan maupun ayam hias melalui jalur darat, di antaranya bisa menggunakan jasa pengiriman yang ada seperti jasa kargo kereta api antara lain Herona, KI8,KIB, KLog atau bisa menggunakan armada bus maupun travel dan Jasa Kirim Hewan.

Untuk mengirim paket hewan baik itu merpati hias, ayam aduan, ayam hias, reptile, marmut dan lain-lain, pokoknya serba binatang / hewan, tanaman hias / tanaman obat mapun barang-barang yang membutuhkan ruang besar bisa di angkut menggunakan kargo kereta api atau bus jika menggunakan pengiriman via darat.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara mengirim merpati ayam via darat. Untuk lebih enaknya lagi kita berada di jalur utama kereta api khususnya di pulau jawa bisa menggunakan jasa pengiriman menggunakan kargo kereta api ini sedangkan untuk luar pulau jawa biasanya  menggunakan bus antar provinsi.

Baca juga:

  1. Makna Dibalik Gambar Ayam Jago Pada Mangkok Fenomenal
  2. Unik, Kakek Ini Punya Sahabat Sejati Seekor Ayam Betina


PERSIAPAN

1.  Siapkan ayam yang akan kita kirim, jangan lupa tempat untuk mengemas atau packing akan lebih baik kiso. Jangan lupa berikan alas dengan koran basah atau pelepah pisang. Kenapa menggunakan kiso?

Kalau pakai box, kemungkinan besar akan ditaruh di bagian bawah, dan diatasnya ditumpuk-tumpuk dengan barang-barang, bisa parcel-parcel atau yang lainnya. Karena bentuk box bisa ditumpangi barang lain. Dan kecil kemungkinannya untuk ditaruh di atas. Tapi kalau kisa/kiso biasanya diletakkan dibagian atas, karena mereka khawatir akan penyet kalau ditumpuk-tumpuk dengan barang-barang lain (melihat bentuk si kisa). Dan sebaiknya adalah kita minta tolong langsung pada petugas yang bertugas di gerbong tersebut, dengan sekedar memberi uang-rokok. Keluar sedikit uang extra, tapi "Aman".

Jangan lupa minta no.Hp petugas tersebut, agar lain kali bisa "minta tolong" lagi. Kalaupun dia sedang tidak bertugas, dia bisa telpon rekannya yang sedang bertugas hari itu. Anggap saja kita dapat kenalan baru, yg mungkin juga bisa kita mintakan tolong, untuk hal-hal lainnya.

Tapi kalau pengiriman melalui pesawat alangkah baiknya menggunakan box.

2.  Masukkan ayam yang akan kita kirim, jangan lupa kasih makanan sedikti atau paling aman kasih buah-buahan berfungsi sebagai cemilan si ayam agar tidak dehidrasi, contoh buah yang di sarankan adalah Mentimun, Pepaya dan Pisang. Dan sebelumnya sudah di beri makan.

3.  Tulis nama alamat pengirim dan penerima, harus lengkap dan jelas.

Berangkat

Segera meluncur ke terminal bus terdekat atau stasiun kereta api biasanya di sekitar komplek terminal bus besar maupun stasiun kereta api besar terdapat tempat informasi pengiriman barang. Untuk menggunakan jasa pengiriman kereta api bisa langsung menuju tempat jasa pengiriman seperti Herona, KI8,KIB dan KLog tinggal pilih saja. 

Terakhir
Kalau sudah jangan lupa infokan nomor resi pengiriman, atau biasanya jika paket ayam yang kita kirim sudah sampai stasiun atau terminal tujuan akan di informasikan. Di sini akan di berikan contoh pengiriman lewat bus, sebagai berikut:

Cara Mengirim Ayam Lewat Bus 

Pertama kita cari info ke pool atau terminal keberangkatan bus terdekat saran saya yang melayani luar kota atau luar pulau tergantung paket pengiriman tersebut tujuannya kemana?.

Sebelum melakukan pengiriman pastikan packing ayam tersebut sudah aman, nah berikut ini cara pengiriman ayam lewat bus:

Langkah 1
Siapkan wadah untuk packing, bisa menggunakan box dari triplek bila ingin lebih aman atau pakai kiso juga bisa

Langkah 2
Masukkan hewan tersebut ke dalam wadah pengiriman, tulis nama alamat pengirim dan penerima

Langkah 3
Segera meluncur ke pangkalan/ terminal bus terdekat. Untuk pengiriman darat via bus tergantung tujuan kita misal dari jogja ke sumatra bisa menggunakan bus ALS atau Putra Remaja sedangkan untuk mengirim ayam ke wilayah bali bisa menggunakan armada safari darma raya.

Langkah 4
Bisa menggunakan cara baik-baik yaitu lewat pemesanan tiket untuk membeli tiket titip barang, atau bisa menggunakan jalur tidak resmi menitipkan kepada supir atau kondektur armada tersebut.

Langkah 5
Berikan nomor HP pembeli kepada kondektur/sopir armada yang bersangkutan karena akan di hubungi jika paket sudah mendekati titik tujuan.

Nah cara di atas juga bisa di gunakan untuk berbagai jenis hewan lainnya. Mudah bukan? Semoga menambah wawasan untuk anda dan semoga bermanfaat, salam sukses penghobi ayam.

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
16 June 2017 at 00:25 ×

gitu aja dibuat blog mas ,,
aku mela indomie

Reply
avatar
Unknown
admin
2 September 2017 at 04:20 ×

Kalo mau kirim barang dari karawang ke daerah palu yg enak lewat jalur mana ya

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon