Menambah Kekuatan Pukulan Ayam Dengan Barbel


Cara menamabah kekuatan pukulan ayam aduan dapat di latih dengan latihan fisik untuk mendapatkan perkembangan otot-otot yang kuat sehingga ayam bisa memberi efek pukulan yang mematikan. Salah satu latihan yang disarankan adalah penggunaan barbel.

Tujuan utama dari latihan di sini adalah merubah bobot pukulan yang sebelumnya mempunyai pukulan yang kecil setelah di latih dengan harapan akan memiliki pukulan tembak yang door, pukulan akan lebih bertenaga, lebih kuat dan lebih berat. Untuk lebih jelasnya tentang latihan tersebut bisa anda simak seperti di bawah ini.

Pukulan mematikan yang di hasilkan dari latihan ini memerlukan waktu antara kira-kira 2 bulan sampai 3 bulan ayam baru mendapatkan perubahan pukulan tembak yang terlihat sangat cepat dari sebelumnya karena ayam yang di latih akan mempunyai otot-otot yang lebih kuat dan lebih besar. Sebelum ayam di latih, hendaknya ayam bangkok telah mendapatkan rawatan yang memadai karena jenis latihan fisik tidak akan berkembang apabila ayam tersebut tidak di rawat dengan baik. Untuk itu sebelum ayam dilatih dengan latihan fisik yang lebih berat lagi yaitu latihan untuk menciptakan pukulan ayam mematikan harus di dahului dengan jenis rawatan dan latihan-latihan kecil atau ringan.

Baca juga: 
Ini Alasan Kenapa Sabung Ayam di Indonesia Tak Bisa Hilang 
Ini Lho Cara Membuat Barbel Ayam Aduan

Cara Melatih Pukulan Menggunakan Barbel

Cara melatih agar kekuatan pukulan ayam aduan bertamabah salah satunya dengan cara latihan fisik menggunakan barbel. Barbel untuk ayam aduan, di pasang pada kedua kaki yaitu kaki kiri dan kanan.  Pada latihan awal pertama kali, gunakanlah barbel yang lebih ringan yaitu antara 90-100gr. Karena saat pertama kali ayam yang di beri barbel pada sebagian ayam akan melompat-lompat kalau di kasih barbel dengan yang lebih berat maka di hawatirkan akan mengalami cidera otot.

Dalam latihan, gunakanlah barbel yang aman bagi kaki dan ayam supaya sisik kaki ayam tidak mengalami lecet. Apabila anda belum mempunyai barbel, barbel bisa di buat sendiri. Anda bisa baca artikel tentang

Untuk melatih ayam menggunakan barbel hendaknya ayam tersebut di lepas dalam umbaran yang lebih luas supaya ayam bebas melakukan gerakan dan gantilah barber dengan ukuran lebih berat setiap 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali. Untuk ukuran berat barbel yaitu mulai dari 100gr, 150gr, 200gr, 250gr dan 300gr dan gantilah secara bertahap dan sesuaikan juga dengan berat dan kemampuan ayam. Untuk ayam bangkok ukuran 4 berat barbel maksimal 200gr sedangkan ayam bangkok berukuran 5 maksimal 250gr.

Melatih ayam aduan dengan menggunakan berbel harus dilakukan setiap hari dan jangan sekali-kali mencopot barbel kecuali di persiapkan untuk latihan gebrak. Untuk menguji ayam dengan ayam lain hendaknya barbel sudah lebih dulu di lepas dan di tinggalkan selama minimal 2 minggu karena ayam memerlukan adaptasi dari pencopotan barbel, jika tidak di beri waktu tenggang yang cukup, maka ayam tidak bisa melakukan pukulan dengan baik bahkan yang akan terjadi adalah pukulan yang salah kaprah. Oleh karena itu biarkan dulu ayam beradaptasi dengan barbel tersebut.

Kekuatan pukulan ayam akan terlihat dalam 2 bulan setelah ayam aduan tersebut di latih secara rutin menggunakan barbel dan berat pukulan akan terlihat secara maksimal setelah 3-4 bulan. Biasanya setelah ayam selesai dalam masa latihan tersebut akan mempunyai pukulan tembak yang berat dan keras sekali.

Namun dalam menggunakan latihan barbel banyak para penghobi ayam aduan yang merasakan kegagalan karena dalam melatih ayam aduan harus mengetahui cara penggunaannya dan kegagalan tersebut juga dapat di sebabkan dari ketidak cocokan bakat yang di miliki ayam terhadap jenis latihan yang di terimanya selain itu jenis rawatan juga dapat menunjang baik buruknya hasil dari latihan ayam.

Dengan melaksanakan latihan fisik secara rutin pada ayam secara benar maka anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
31 August 2016 at 08:00 ×

siip gan

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon