30 Jenis Ayam Hias Yang Menarik Untuk Dipelihara

Buat sobat penghobi ayam hias, berikut beberapa macam ayam hias yang menarik untuk dipelihara:

1.    Ayam Cemani
amusingplanet.com
Ayam cemani adalah ayam khas dari Indonesia. Ciri khas ayam cemani adalah warnanya yang serba hitam. Bukan hanya bulunya, seluruh tubuh ayam cemani berwarna hitam. Harga ayam ini juga sangat mahal, ayam cemani asli yang istemewa kemistisannya bisa seharga 2.000.000 hingga 250.000.000 per ekor umur dewasa. Tapi kalau cemani pada umumnya bisa mulai dengan harga 500.000 rupiah. Biasanya ayam cemani digunakan untuk ritual gaib, dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan terkenal sebagai ayam pembawa hoki. Untuk itulah ayam cemani banyak diburu oleh banyak orang dan ayam ini termasuk ayam langka.

 Jika anda seorang muslim, jangan pernah menjadikan ayam cemani sebagai bahan ritual karena hal itu termasuk syirik. Ayam cemani seharusnya dijadikan sebagai ayam peliharaan atau ayam hias semata karena keunikan bentuk dan warnanya yang serba hitam.

Baca selengkapnya pada artikel Sejarah, Ciri, Mitos, Harga dan Fenomena Tentang Ayam Cemani.

2. Ayam Hutan Merah

ayamhutan-kw1.blogspot.com
Ayam hutan Merah atau Gallus-gallus. Ayam hutan merah merupakan jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, China, dan India. Jenis ayam ini memiliki 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra dan Sulawesi dan gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura. Sedangkan ketiga spesies lainnya terdapat di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, dan di China Selatan dan Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei. Ayam Hutan Merah (Gallus-gallus bankiva) yang tersebar di pulau Jawa dan Madura mempunyai bobot dewasa jantan 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg. Baca selengkapnya pada artikel Ayam Hutan Merah Sebagai Cikal Bakal Ayam Peliharaan.

3. Ayam Hutan Hijau atau Gallus Various. 


Ayam jantan hutan hijau memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berat badannya sekitar 0,7-1,5 kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap dengan ujung ke kuning-kuningan, bulu ekor panjang melengkung, berwarna hitam. Bulu leher kecil-kecil, merah kekuning-kuningan, jengger bulat rata, pial tunggal dan bunyi kokoknya ce-ki-krek. Baca selengkapnya pada artikel Mengenal Ayam Hutan Hijau.

4. Ayam Hutan Sri Langka


Ayam Hutan Srilangka yang juga dikenal dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon adalah anggota keluarga burung yang endemik di srilangka. Hewan ini menjadi burung kebangsaan bagi negara ini. Ayam hutan Sri Lanka berkait rapat dengan ayam hutan Merah (G. gallus), sejenis ayam hutan liar yang menjadi asas bagi ayam peliharaan pada hari ini.


5. Ayam Hutan Kelabu

carabudidayaternak.net
Ayam Hutan Kelabu atau Gallus sonneratii. Ayam ini berukuran sedang, ayam jantan dengan panjang sekitar 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning. Ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji.

Dibeberapa negara ayam ini sering dijadikan ayam lomba, dimana keunikan bentuk mereka yang menajdi penilaiannya, makin cantik bentuk jambul mereka maka makin bagus penilaian dari juri – juri. Sebagai ayam hias maka memang jarang sekali ayam polland dijadikan ayam potong, tetapi membudidayakan mereka tergolong sulit karena beberapa kasus ayam polland sering membunuh anaknya sendiri yang baru menetas.

6. Ayam Kapas (Silkie Hen)

reddit.com
Di Indonesia ayam silkie dikenal  dengan nama ayam kapas. Penamaan ini karena ayam kapas memang memiliki bulu yang halus seperti kapas dan unik. Kemungkinan berasal dari China, memiliki bulu seperti kapas yang mengembang berdiri sehingga tampak besar dari kejauhan. Warna bulunya putih, dibelakang jengger terdapat jambul yang tumbuhnya mengarah ke belakang. Bobot ayam jantan 0,8 kg dan betina 0,6 kg. Bulu mereka yang panjang memang berfungsi untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat saat iklim ekstrim di china yang terkadang datang tiba-tiba. Sama seperti ayam poland karena keunikan bulu, ayam ini sering dijadikan ayam lomba di beberapa negara. Keunikan lainnya adalah jari kaki ayam ini ada 5 berbeda denga ayam yang biasanya hanya berjari 4.

Daging dan tulang ayam kapas berwarna hitam dan dipercaya mempunyai banyak sekali khasiat. Untuk bisa menikmati ayam kapas, kamu mesti merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang mahal. Baca selengkapnya pada artikel Belajar Budidaya Ayam Kapas Dari Peternak Sukses.

7. Ayam Plymouth Rock

imglop.com
Ayam Plymouth Rock disebut juga ayam rock atau ayam bareed rock. Warna bulunya bercorak hitam-putih seperti terlihat di gambar. Jenis ayam yang berasal dari Amerika ini biasanya diternakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak orang yang melakukan penyilangan untuk menghasilkan jenis ayam baru. Saat ini varietas ayam plymouth rock terdiri dari Barred Plymouth Rock, Buff, White Rock dan Blue Plymouth Rock.

8. Ayam Orpington

roysfarm.com
Seperti namanya, ayam orpington adalah ayam yang berasal dari daerah Orpington, Inggris. Ayam orpington merupakan hasil persilangan antara ayam minorca dengan plymouth rock yang kemudian disilangkan lagi dengan ayam langshan.

Persilangan ini dilakukan agar tercipta jenis ayam yang tumbuh cepat dengan poduksi telur tinggi. Makanya tidak heran gambar di atas memperlihatkan ayam orpington yang sangat bongsor, hoho.

9. Ayam Phoenix

www.backyardchickens.com
Ayam phoenix merupakan kerabat dekat dari ayam onagadori, yaitu ayam yang memiliki bulu ekor yang panjang. Panjang bulu ekornya bisa mencapai 12 sampai 27 cm, panjang ekor tersebut diperoleh dari pemilihan gen terbaik yang memungkinkan bulu ekor dapat terus tumbuh.

Ayam phoenix adalah keturunan dari ayam onagadori Jepang yang dikembangkan di Jerman.
Ayam phoenix merupakan hewan produktif dan aktif bergerak, ayam phoenix membutuhkan makanan berprotein tinggi agar ekornya dapat tumbuh panjang optimal. Tempat yang paling cocok untuk memelihara ayam phoenix adalah di perkebunan yang luas, mereka akan tumbuh dengan baik bila diletakkan di tempat yang bebas.

10. Kate

Ayam kate berperawakan kecil, berkaki pendek dan unik karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam biasa, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik dan tingkah laku. Ada beberapa macam ayam kate, antara lain:

1.    Ayam kate lokal
2.    Ayam kate batindo
3.    Ayam kate Bangkok
4.    Ayam kate Emas
5.    Ayam kate cochin
6.    Ayam kate kaki pedang

11. Ayam Leghorn

pinterest.com
 Kamu suka dengan negara Italia? Jika belum sempat kesana, kenalan dulu nih dengan ayam khas Italia, hehe. Iya, ayam Leghorn adalah salah satu jenis ayam yang berasal dari Italia. Di Italia ayam ini dikenal juga dengan livorno atau livornese.

Ayam leghorn umumnya berwarna putih cantik. Namun ada juga varian ayam leghorn dengan warna yang lain.

12. Ayam Balenggek

abstrakofruz.blogspot.com
Ayam Balenggek atau biasa disebut dengan kokok balenggek ini adalah salah satu ayam lokal yang berasal dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kata balenggek dalam bahasa masyarakat minang mempunyai arti yaitu irama bertingkat. Usut punya usut, ternyata kokok dari ayam jantan ini mempunyai ciri khas irama yang bertingkat dari 3 sampai 
12 lenggek.

Umumnya kokok ayam terdiri atas 3 bagian, yakni bagian depan, tengah dan akhir atau biasa lenggek kokok. Ayam kampung misalnya, ayam tersebut memiliki kokok yang terbagi atas empat suku kata. Kemudian suku kata yang terakhir lebih panjang dari tiga suku kata sebelumnya. Jenis ayam ini dibedakan menjadi 3 macam, berdasarkan bentuk fisiknya, atara lain:
1.    Yungkilok Gadang
2.    Ratiah
3.    Randah Batu


13. Ayam Randah Batu

duniaq.com
 Ayam randah batu atau disingkat dengan kata ranbat, merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat.

Ayam ini tergolong ke dalam kelas ayam kate/ratiah. Karakteristik yang mencolok dari ayam ini terlihat pada kaki serta ruas jarinya yang pendek. Disisi lain kesan kekar dalam ayam ini semakin terlihat jelas karena lingkaran kakinya yang amat besar.

Sama seperti ayam kampung pada umumnya, warna bulu ayam randah batu yang menarik membuat jenis ayam dijual dengan berbagai varian warna, seperti jengger wilah, sumpel dan lain sebagainya.

14. Ayam Pelung

situshewan.com
Ayam Pelung merupakan ayam lokal asli Indonesia yang berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat. Ciri-cirinya: bertubuh besar, tegap dan saat berdiri tegak temboloknya tampak menonjol. Kakinya panjang dan kuat dengan paha yang berdaging tebal. Ayam jantannya memiliki wilah yang besar, tegak, bergerigi dan berwarna merah cerah sedangkan pada ayam betina tidak berkembang dengan baik.

Meskipun terlihat serupa dengan ayam kampung, namun jika dilihat secara seksama nampaknya ada beberapa perbedaan antara ayam pelung dengan ayam kampung lainnya. Salah satunya adalah terdapat ciri khas dibagian ukuran jengger dan badannya yang besar.

Dalam suatu lomba kokok ayam pelung, kriteria yang dinilai juri memang bukanlah hanya semata-mata bunyi kokoknya saja. Karena hal tersebut akan menyulitkan peserta pemula yang hanya mengerti bagaimana ciri-ciri ayam pelung terbaik secara teorinya saja.

15. Ayam Cochin

everything-poultry.com
 Ayam ini merupakan ayam yang berasal dari china tetapi berkembang di inggris, selain inggris ayam ini juga banyak di ternak di prancis oleh pengembang asal vietnam. Ayam hias yang memiliki keunikan karena terdapat banyak bulu dikakinya jadi nampak seperti ayam yang menggunakan sepatu bulu. Banyak orang mengatakan bahwa mudah untuk merawat mereka terlebih sama seperti ayam lain mereka hanya perlu diberi pakan jagung dan mereka biasa mencari makan sendiri di rerumputan.

16. Ayam Brahma

henleechickens.co.uk
 Ayam brahma merupakan jenis ayam hias yang multiguna karena dapat dimanfaatkan daging dan telurnya. Ayam brahma pertama kali dikembangkan di India, tepatnya di daerah Brahmaputra.

Semula ayam brahma hanya dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, karena produksi telurnya juga banyak ayam brahma kemudian dijadikan juga sebagai ayam petelur. Namun ayam brahma juga memiliki kaki yang ditumbuhi dengan bulu-bulu yang cantik, sehingga dijadikan pula sebagai ayam hias.

Ayam brahma betina memiliki berat tubuh rata-rata 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan berat tubuhnya bisa mencapai 6 sampai 7 kg.

Berbanding jauh dengan berat tubuh ayam kampung yang hanya 2 sampai 2,5 kg. Ayam brahma sangat jinak dan memiliki kemampuan bertahan dalam kondisi iklim yang berbeda, sehingga dapat hidup di negara yang beriklim dingin atau panas. Baca selengkapnya pada artikel Ayam Brahma Dengan Ukuran Jumbo Berharga Fantasti.

17. Ayam Ameraucana

backyardchickes.com
 Ayam ameraucana berasal dari Amerika. Ayam ini berada masih berada dalam kelompok ayam auracana karena memang perpaduan antara american dan auracana.

Ayam ameraucana memiliki warna yang sangat variatif seperti hitam, biru, cokelat kemerahan, silver dan warna lainnya. Yang unik dari ameraucana adalah adanya bulu yang menonjol dan panjang di bagian telinga atau pipi si ayam.

18. Ayam Batik ( Sebright)

owlcentre.com
Di Indonesia Ayam sebright dikenal dengan nama ayam batik. Hal ini karena corak warna ayam ini memang menyerupai motif batik. Walaupun bernama ayam batik tetapi ayam ini bukan berasal dari indonesia, habitat asli mereka berasal dari Eropa yang dikenal juga dengan nama Sebrict Bantam di Inggris, banyak orang juga mengira ini adalah ayam yang berasal dari italia tetapi itu pun salah kampung halaman ayam ini adalah inggris. Warna bulunya berukir-ukir seperti batik dengan motif sisik ikan yang jelas dan rapih. Memiliki warna dasar coklat kemerahan atau kekuningan dan disebut Batik Kanada, serta yang berwarna dasar putih keperakan disebut Batik Italy. Bukan hanya di indonesia, ayam ini juga telah memikat hati banyak orang di dunia sehingga penyebaran ayam ini telah meluas ke seluruh dunia.

19. Ayam Polish atau Poland

backyardchickencoops.com.au
 Atau sering juga disebut Black Poland, walaupun namanya memiliki embel-embel polland ternyata ayam ini tidk berasal dari polandia, kampung halaman ayam ini ialah russia. Mereka ini merupakan jenis ayam yang unik karena bentuk mereka yang sering menjadi sorotan banyak orang warnanya hitam mulus, ayam jantan punya jengger seperti tanduk atau berbentuk V dan berwarna merah cerah, dibelakang jengger ada jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kaku yang berwarna putih. Jengger ayam betina tidak nampak karena tertutup bulu mahkota yang berbentuk kribo. Baca selengkapanya pada artikel Peluang Usaha Ternak Ayam Poland Menjanjikan.

20. Ayam Rosecomb

poultryshowcentral.com
Dinamakan rosecomb karena ayam ini memiliki jengger yang berbentuk unik. Dalam bahasa Inggris comb artinya jengger dan rose artinya bunga mawar. Bentuk jengger ayam ini memang sedikit menyerupai bunga mawar. Berbeda dari jengger ayam pada umumnya.

Ciri khas lain dari ayam ini adalah telinga yang berukuran besar dan berwarna putih. Ayam Rosecomb atau rosecomb chicken berasal dari Inggris.

21. Ayam Naked Neck

sixpenceee.com
 Naked neck dalam bahasa Inggris sederhana bisa diartikan sebagai leher telanjang. Iya, ayam jenis ini tidak memiliki bulu di bagian leher dan kepalanya. Ayam ini juga dikenal sebagai transylvanian naked neck karena memang berasal dari daerah Transylvania. Nama lain dari ayam unik ini adalah turken atau Kaalnek.

22. Ayam Onagodari

bamsbreeder.blogspot.com
Ayam Onagodari adalah jenis ayam yang berasal dari Jepang. Ayam hias ini mempunyai bulu yang berwarna putih bersih dan ada juga yang berwarna hitam.

Bentuk ekornya sangat khas dan unik, yaitu berumbai-rumbai panjang, sehingga ayam ini terlihat sangat anggun. Untuk kamu yang ingin memelihara jenis ayam yang satu ini, kamu harus siap-siap untuk direpotkan karena ayam ini lumayan manja, khususnya dalam soal makanan.

Di jepang sendiri ayam ini memiliki gelar terhormat karena kaisar jepang tertarik untuk memilihara ayam onagodari di kediamannya. Mereka termasuk ayam manja, karena jika kalian tidak memberikan pakan yang biasa dimakan maka ayam ini akan mogok pakan, sungguh ayam yang unik.

23. Ayam Ketawa

gambarbinatang.com
Ayam ini mempunyai nama yang unik. Bukan hanya orang yang dapat tertawa, ayam juga bisa. Tidak heran unggas yang satu ini diberi nama ayam Ketawa. Suara kokoknya mirip seperti orang yang sedang tertawa.

Dulunya ayam ini dipelihara dan dibudidayakan oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa adalah simbol status sosial dan budaya bangsawan yang pantang menyerah, gagah berani dan sukses.

Secara fisik, unggas yang juga disebut Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Mulai dari ukuran, bentuk, gerak-gerik dan warna-warni bulunya menyerupai ayam kampung. Perbedaannya, ayam Ketawa telah dapat berkokok sejak berusia tiga bulan.

Tetapi untuk orang yang baru pertama kali mendengarnya, suara kokoknya lebih mirip burung perkutut.

Ada tiga jenis ayam ketawa:
Pertama; yaitu Gretek, ayam Ketawa yang mengeluarkan suara orang ketawa dengan jarak antara suara tertawa cepat saat berkokok.

Kedua; Gaga, ayam Ketawa yang interval suara ketawanya lambat dan terputus seperti nyaris berhenti namun masih berlanjut.

Ketiga; Dodo, kokoknya menyayat hati pendengarnya. Untuk kamu yang suka memelihara dan mengembakbiakkan ayam, sangat sarankan untuk memelihara ayam ini. Karena ayam ini mudah dipelihara dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

24. Ayam Serama

jualayamserama.wordpress.com
Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang memiliki bentuk badan yang mungil diantara ayam lainnya. Ayam ini berukuran hanya separuh dari ayam biasa. Ayam hias ini biasa dilombakan dengan mengadu ketangkasannya dalam bergaya.

Walaupun tubuhnya kecil, ayam ini memiliki gaya yang tinggi. Kepala mendongak seperti orang sombong, dada membusung, posisi sayap terlihat vertikal (tegak). Postur tubuhnya tegap dan bulat. Dada lebih besar dari bagian belakang (punggung) ekor besar, panjang, tinggi dan tegaki.

Mempunyai watak percaya diri dan pemberani. Gaya lebih sering ditonjolkan, seperti ingin berkokok dan suka berdiri. Itulah beberapa ciri khas dari ayam Kate Serama. Walaupun badannya kecil mungil, tetapi harganya luar biasa mahal. Seekor anak ayam Serama bisa mencapai jutaan, dilihat dari kualitas dan prestasinya juga.

Dulu kita mengenal ayam kate sebagai ayam terkecil di dunia, sekarang gelar itu di ambil oleh ayam serama. Ayam yang berasal dari negeri jiran ini, banyak dikenal dengan sebutan kate serama, padahal ayam serama berbeda dengan ayam kate, ayam serama merupakan ayam yang memiliki bobot lebih kecil dari ayam kate, berat mereka hanya sekitar 8 ons atau 1 kg saja. Sedangkan ayam serama betina hanya berat kurang dari 5 ons. Baca selengkapnya pada artikel tentang Peluang Usaha Ternak Ayam Serama Menjanjikan.

25. Ayam Sumatera

jesrilzuwito80.blogspot.com
Ayam Sumatera adalah ayam lokal asli Indonesia yang berkembang di Sumatera Barat. Oleh sebab itu, ayam lokal ini beri nama ayam Sumatera. Penampilan perawakannya tegap dan gagah, namun ukuran badannya kecil. Ayam Sumatera jantan memiliki kepala kecil, tapi tengkoraknya lebar.

Pipinya penuh (padat), keningnya tebal dan pialnya menggantung ke bawah. Paruh ayam Sumatera umumnya pendek dan kukuh berwarna hitam, dengan kuping kecil dan berwarna hitam. Ayam Sumatera memiliki jengger berbentuk wilah dan berwarna merah.

Kulit mukanya juga berwarna merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Ayam Sumatera jantan mempunyai berat badan sekitar 2 kg, sedangkan ayam Sumatera betina mempunyai berat badan sekitar 1,5 kg.

26. Ayam Nunukan

ayamnunukan.blogspot.com
Ayam nunukan merupakan ras ayam lokal yang paling terkenal di daerah Nunukan, Tarakan. Ciri khas utama dari ayam ini yaitu terdapat pada ekor bagian belakangnya yang tidak berkembang.

Sehingga wajar jika ayam ini tampak seperti tidak memiliki ekor. Selain itu, bulu berwarna coklat dengan sedikit warna hitam di ujungnya merupakan ciri khas lain yang terlihat dominan pada ayam nunukan.

Pertumbuhannya yang berkisar di angka 20 sampai 30% pertahunnya, membuat pertumbuhan ayam ini jauh lebih cepat ketimbang ayam lain. Ditambah lagi dengan produksi telurnya yang dinilai rata-rata jauh lebih tinggi ketimbang ayam kampung manapun.

Oleh karena itu, ayam nunukan ini sangat cocok bagi para pelaku wirausahawan yang ingin berkecimpung di dunia peternakan ayam maupun telur

27. Ayam Kalkun

www.teropongbisnis.com
Ayam kalkun adalah ayam berukuran besar dari spesies unggas ordo gallifrmes geneus meleagris. Ayam kalkun jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan bulu yang berwarna-warni dari ayam kalkun betina. Ayam kalkun memiliki rentan sayap sepanjang 1,5 sampai 1,8 meter.

Terdapat dua spesies ayam kalkun, yaitu ayam kalkun M. gallopavo yang berasal dari Amerika Utara dan ayam kalkun M. ocellata dari Amerika Tengah.

Ayam kalkun M. gallopavo memiliki pial atau bagian dibawah paruh yang bergelambir, sedangkan ayam kalkun M. ocellata tidak memiliki pial. Ayam kalkun adalah jenis hewan aseksual, karena unggas ini memiliki kemampuan yang unik dalam melakukan reproduksi.

Ayam kalkun betina dapat menghasilkan telur fertil tanpa dibuahi oleh kalkun jantan, namun anakan kalkun yang dihasilkan lebih rentan terserang penyakit.

28. Ayam Bekisar

www.gubugberita.net
Ayam bekisar merupakan hewan khas Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, jenis ayam yang menjadi kebanggan orang yang berasal dari jawa timur. Ayam bekisar merupakan jenis ayam hasil persilangan antara ayam kampung betina dengan ayam hutan hijau. Ciri-ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk bulu leher yang ujungnya bulat / lonjong bukan lancip. Jika dibandingkan dengan ayam jago biasa maka akan terlihat jelas. Warna bulunya lebih indah, berdasarkan warna bulunya ada 3 jenis ayam bekisar:

1.    Ayam Bekisar Putih
2.    Ayam Bekisar Hitam
3.    Ayam Bekisar Multi Warna

Baca selengkapnya pada artikel Membudidayakan Ayam Bekisar Yang Menguntungkan.

29. Ayam Modern Game Bantam

eat-for-the-earth.com
Ayam modern game adalah ayam yang berasal dari daratan Britania Raya (Inggris) antara tahun 1850 hingga 1900. Ayam modern game merupakan ayam yang dikembangkan untuk tujuan ayam hias, beratnya hanya sekitar satu kilogram, namun yang unik dari ayam ini adalah kakinya yang panjang mirip seperti seorang model.

Dengan kaki yang panjang dan badan yang tegak, ayam ini sering diperlombakan dalam kontes ayam hias di Inggris. Untuk memelihara ayam modern game tidak perlu tempat yang luas, cukup sediakan kandang dengan ruang yang cukup.

Ayam modern game membutuhkan makanan rendah kalori untuk menjaga bentuk tubuhnya tetap ramping.

30. Ayam Arab

wikipedia.org
Ayam arab merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Disebut ayam arab karena dua hal: pejantannya memiliki daya seksual yang tinggi dan keberadaannya di Indonesia melalui telurnya yang dibawa oleh orang yang menunaikan ibadah haji dari Mekah.

Ayam arab mudah dikenali dari bulunya. Pada sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor dominan hitam bercampur putih. Sedang jenggernya berbentuk kecil berwarna merah muda dan mata hitam dengan dilingkari warna kuning.

Secara genetik, ayam arab tergolong galur ayam buras yang unggul, karena memiliki kemampuan produksi telur yang tinggi. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan ayam arab untuk menghasilkan telur bukan daging, karena ayam arab memiliki warna kulit yang kehitaman dan daging tipis dibanding ayam buras biasa sehingga dagingnya kurang disukai masyarakat.


Thanks for: wikipedia.org
                  satujam.com
                  kaskus.com
                  situshewan.com

Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
20 August 2016 at 01:10 ×

wahh..lengkap gann..

Reply
avatar
Unknown
admin
21 August 2016 at 02:22 ×

belum lengkap ga,...besok nambah lagi.

Reply
avatar
Sangkar Ayam
admin
28 December 2016 at 22:52 ×

Lengkap banget nih gan info ayam hiasnya, kalau pecinta ayam yang butuh sangkar ayam ukir keren kontak saya ya gan 0816684161

Reply
avatar
Anonymous
admin
6 March 2017 at 00:49 ×

Izin Copas .. Buat Tugas
ngencol.wordpress.com

Reply
avatar
Unknown
admin
23 April 2017 at 05:06 ×

copas boleh saja, asal cantumkan sumbernya yaa...

Reply
avatar
Unknown
admin
12 May 2017 at 01:25 ×

gan, saya punya ayam,, tp ga tau ini tipe apa,,,, agan bisa bantu?

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon