Kehebatan Ayam Cemani

cemani asli

Sejarah
Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal-muasal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa. Kata “Cemani”  berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam, warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam  ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata, rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki,dan cakar. Pokoknya serba hitam.

Dulunya, asal-muasal ayam cemani ini adalah ayam kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat jaman dahulu di kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit abad ke 19.

Ayam ini adalah ayam yang sangat istimewa pada jamannya, sehingga ayam ini sangat di sukai dan menjadi piaraan atau koleksi para gegeden, raja-raja jaman dahulu kala. Itulah yang membuat ayam ini menjadi sangat eksklusif, memiliki nilai jual yang sangat fantastis dan sangat berharga karena mengingat dulunya saja ayam ini banyak dikoleksi para raja dan keturunan ningrat.

Ayam Cemani berasal dari Ayam keturunan kedu hitam, yang di seleksi memiliki kemurnian warna hitam dengan ciri khas bentuk jengger tunggal bergerigi (jantan). Entah berapa generasi seleksi tersebut dilakukan demi untuk populasi dan kelestariannya. Namun yang sangat memperihatinkan hingga saat ini populasinnya semakin berkurang dan menyusut dibandingkan populasi Ayam Cemani 100 tahun yang lalu, mengingat ayam ini sulit untuk di kembangbiakan hingga beranak-pinak, ke regenerasi anak dan turunannya.

Hal inilah yang membuat Ayam Cemani ini kini menjadi semakin langka, dan sulit di dapatkan, sehingga ayam ini menjadi banyak di buru dan di cari orang, hingga saat ini hanya segelintir orang saja yang memilikinya.

Ayam Cemani ini memiliki harga jual selangit, sangat fantastis, dengan harga jual bervariatif , ada yang menjual dengan harga Rp 2.000.000,-per/ekor sampai dengan Rp 250.000.000,-per/ekor ukuran dewasa, tergantung kualitas serta keaslian ayamnya dan si pemilik mau melepas harga berapa.

Baca juga: 
28 Gambar Ayam Hias Dari Berbagai Negara
Ayam Brahma Dengan Ukuran Jumbo Berharga Fantastis

Ciri Ayam Cemani Asli
Ayam cemani yang legendaris membuat sebagian orang ingin mengoleksinya. Namun terkadang karena banyaknya permintaan dan terbatasnya ayam cemani asli maka  muncullah ayam cemani abal-abal atau tidak asli. Bagi para perternak dan bergaul dengan peternak lain akan cukup mudah untuk mendeteksinya. Namun bagaimana dengan orang awam yang ingin mendapatkan ayam cemani asli? Nah, berikut ini akan di sampaikan cara mengetahui ayam cemani asli juga sehat tentunya dengan mudah:

1.    Perhatikan mata ayam cemani jika mata ayam terlihat pucat sebaiknya hindari pembelian bisa saja ayam tersebut sedang sakit.

2.    Perhatikan apakah badan ayam masih terasa hangat pada saat membeli, biasanya ayam memiliki badan yang hangat untuk ayam normalnya, jika pada saat membeli ayam cemani memiliki suhu badan yang tidak terlalu hangat atau sedang-sdang sebaiknya hindari membeli ayam tersebut.

3.    Paruh
Paruh ayam Cemani harus berwarna hitam. Warna hitam ini sudah nampak dari ayam Cemani yang masih kecil atau anakan. Namun seiring berjalannya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan secara  terus menerus dan terlihat warna putih karena aus. Biasanya muncul di ujungnya paruh, hal ini normal karena ayam juga perlu makan.

2.    Bulu

Bulu ayam Cemani harus berwarna hitam juga. Bila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan dengan ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak bisa mencapai 95%. Hal ini yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya ayam tersebut asli atau sudah melalui persilangan.

3.    Ketiak atau kulit
Warna ketiak maupun kulit ayam cemani harus mendekati angka 100% berwarna hitam. Hampir secara keseluruhan ayam cemani semua kulit tubuhnya berwarna hitam.

4.    Dubur
Dubur ayam cemani berwarna hitam legam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam lain.

5.    Kaki

Bagi yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning atau kadang juga putih. Namun untuk ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bersama bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih. Tapi kalau ayamnya masih muda kakinya masih hitam semu, kaki kering biasanya terdapat pada ayam cemani dewasa, dan ini hal yang wajar. Tapi ingat, yang berwarna putih hanya pada ujung sisik-sisik yang kering.

6.    Tenggorokan


Tenggorokan ayam cemani asli berwarna hitam dan lidahnya hitam.

7.    Jengger
Jengger ayam cemani mempunya warna hitam. Tapi memang saat ayam cemani beranjak semakin dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.

Tujuh poin di atas cukup menjadi bahan untuk mengetahui ayam cemani tersebut asli atau tidak. Sedangkan para penghobi yang mencari ayam cemani warna darah hitam, menurut seorang peternak ayam cemani di Berbah, ayam yang seperti itu beliau belum pernah menemukannya. Hal ini juga merupakan fenomena tersendiri disaat memelihara ayam cemani untuk ayam hias malah mau dilihat darahnya, padahal sebagai ayam hias yang dilihat adalah keunikan bentuk dan warnanya. Mengenai darah ayam cemani biasanya berwarna merah tua kehitaman.

Ada juga sebagian orang mencari ayam cemani untuk pengobatan gaib, ritual atau keperluan lain yang sejenis dengan hal gaib, untuk orang seperti itu jika muslim segeralah untuk bertobat. Sandarkanlah kepada Allah bukan pada ayam cemani. Sungguh perbuatan seperti itu sangat dekat dengan kesyirikan dan orang yang berbuat syirik akan sesat di dunia dan akhirat. Allah Ta’ala berfirman,

 وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’: 116).

Baca juga: Jawaban Iptek atas Misteri Berkokok Ayam di Tengah Malam 

Contoh mitos yang beredar mengenai ayam Cemani:

1. Darah ayam cemani.
Banyak yang percaya darah hitam ayam cemani bisa membuat lelaki kuat dalam berhubungan intum jika di minum. Banyak juga masyarakat yang percaya jika darah ayam cemani di oleskan ke kepala bayi dapat membuat bayi terhindar dari gangguan palasik atau makhluk halus lainnya.

2. Bulu ayam cemani.

Banyak masyarakat indonesia termasuk suku batak yang percaya jika bulu ayam cemani dapat menangkal roh jahat yang akan mengganggu jika bulu tersebut di simpan di dalam dompet. Banyak juga suku batak yang mempercayai jika menemukan ayam cemani di tengah hutan dan menangkapnya maka akan mendapatkan berkah dan juga kesehatan dari roh opung mereka yang telah meninggal.

3. Minyak ayam cemani.

Selain darah dan bulu ayam cemani ternyata masyarakat juga percaya akan minyak ayam cemani dapat menyembuhkan luka dalam seperti terkilir atau keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani pun sangat mudah hanya tinggal mengkukus daging ayam cemani beberapa menit saja maka kita akan mendapatkan minyak asli dari ayam cemani.

4. Telur hitam ayam cemani
Seperti ayam kebanyakan ayam cemani juga bertelur namun terkadang telur ayam cemani ada yang berwarna hitam. Telur hitam ini di percaya sebagai pembawa hoki, jika telur ini di simpan maka di percaya orang yang akan menyimpan telur ini akan selalu tertimpa rejeki. Untuk mendapatkan telur inipun tidak sembarangan, hanya 1 dari 100 ayam cemani yang dapat menghasilkan telur berwarna hitam.

 5. Daging ayam cemani

Daging ayam cemani biasanya di gunakan sebagai sesajen pada saat acara-acara tertentu. Seperti pada saat berjiarah ataupun pada saat acara adat di padu dengan nasi tumpeng membuat ayam cemani begitu istimewa. 

Lalu, kalau hanya mitos semata, bagaimana dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat seperti ulasan sebagai berikut ini:

Sebagai Pembawa Hoki

Disamping sebagai untuk peliharaan pribadi atau koleksi, konon katanya dengan memelihara ayam tersebut bisa sebagai pembawa Hoki bagi pemiliknya, dan juga bisa mendatangkan banyak rejeki bagi yang memiliknya, hal ini di akui kesaksian salah seorang yang kini sudah menjadi Pengusaha Property sukses papan atas di Jakarta yang memelihara ayam Cemani. Berikut pengakuannya:

" Alhamdulillah, setelah kami memelihara Ayam Cemani, setiap kali kami mengikuti tender selalu menang tender dan berjalan mulus, hingga kami mendapatkan beberapa proyek besar dan bisa ekspansi ke bidang bisnis lain nya dengan penigkatan Asset berkali-kali lipat. Namun semuanya itu selain karena Hoki, usaha dan kerja keras, juga berkat Do'a bantuan serta izin dan ridho Allah SWT. Padahal dulunya kami hanya seorang mandor bangunan biasa yang menagani borongan bangunan proyek-proyek kecil kelas gurem,........Namun setelah memelihara Ayam Cemani banyak perubahan yang kami dapatkan, dan mendatangkan banyak rejeki yang tidak disangka-sangka,..Alhamdulillah barokah,.....kami merasa sangat bersyukur pada Tuhan "

Selanjutnya mari kita simak pernyataan menurut Ki Joko Bodo seorang Paranormal terkenal dari Jakarta, sebagai berikut:

" Ayam Cemani memiliki Nilai Mistis dan Daya Magis yang sangat kuat, selain sebagai pembawa Hoki juga sebagai syarat tumbal atau sajen, karena daging, tulang, serta darah-nya yang berwarna hitam yang dimilikinya, sangat disukai sebagai makanan kesukaan pavorite jin, iblis, dedemit dan sebangsa nya,......Dahulu kala Ayam Cemani sering digunakan oleh para Raja, Jawara, ahli tirakat sebagai syarat sajen untuk penguasaan ilmu tertentu agar bisa tercapai ilmu kesaktian-nya.Tapi sekarang ayam nya susah dicari Mas,....Boleh dikatakan Ayam Cemani adalah Ayam termahal di dunia, malah saya sendiri juga pernah menjual sepasang Rp500 juta, kepada salah seorang Pasien kami dari Singapura,untuk peliharaan koleksi sebagai pambawa Hoki "

Woow! Bayangkan sepasang ayam dengan harga 500.000.000. Namun setinggi apapun harga yang ditawarkan, tetap saja banyak orang yang berminat dan berani membelinya, kerena sebanding dengan khasiat serta kegunaannya, apalagi bagi orang-orang yang benar-benar sangat membutuhkan-nya, seperti orang-orang yang sedang punya hajat/kepentingan tertentu, seperti pemburu harta karun, kollektor barang-barang antik, benda-benda seni dan pusaka, paranormal, pengusaha, pejabat, dll. 

Lalu, bagaimana dengan anda? Apakah anda percaya dengan hal tersebut atau bahkan juga ingin memilikinya?

Sekian, semoga memberi manfaat. Salam penghobi ayam.

Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Dora
admin
5 June 2017 at 04:23 ×

Apakah ayam cemani asli ada ukuran berapa kg

Reply
avatar
Dora
admin
5 June 2017 at 04:25 ×

Apakah ayam cemani asli ada ukuran nya

Reply
avatar
Anggastika
admin
29 July 2019 at 02:33 ×

Permainan Betting Game Online Dengan 3 Kemudahan Deposit...
Via Bank
Via Pulsa
Via Ovo pay
Proses Cepat, Mudah dan Aman!!

Segera Daftar dan Dapatkan User IDnya..Gratisss...

Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
1. Sportbooks
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Poker Online
6. Sabung Ayam

Dapatkan Langsung :
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Win Streak Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244
LINE: WINNING303

Reply
avatar
Doyan Main
admin
16 August 2020 at 12:41 ×

Lagi bokek tapi mau bermain slot????
ada nih buat kalian lagi pengen main slot

Klik ====> Demo Habanero

Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

- WA : 0877 8542 5244

Reply
avatar
moris
admin
6 September 2020 at 11:57 ×

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
Doyan Main
admin
10 February 2021 at 12:53 ×

Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
-Sports
-Poker
-Live Casino
-Slots
-Lotere/Togel
-Sabung Ayam'

Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon