Latihan dan Makanan Ayam Aduan Sebelum Berlaga

Pelatihan sebelum ayam turun ke kalangan
Untuk  melatih ayam sebelum turun ke kalangan baiknya setiap pagi di  memandikan dan di jemur  antara pukul 9 sampai 12 siang selama 1 jam (tergantung cuaca), selanjutnya ayam tersebut sekalian di olahragakan/dilatih dengan cara lari  puter sekitar 5 menit dan setelah itu ayam diumbar dikandang umbaran ukuran  2m x 2m (klo ada) sampai sore kira-kira pukul 17.00 WIB.  Kalau tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu kembali ke kandang untuk istirahat (box).

Makanan yang diberikan
Untuk makanan, cukup dikasih makanan sehari-hari + seminggu sekali cukup diberi 1 butir telur (kalau ada telur itik + madu). Kalau untuk obat-obatan cukup diberi B compleks 1 minggu 2x2 butir setelah ayam makan sore. Nb : hentikan pemberian telur dan obat-obatan 3 hari sebelum ayam mau diadu (turun) ke kalangan.

Baca juga:

TIPS MERAWAT AYAM ADUAN JADI AGRESIF 
Tips Memilih Lawan Ayam Aduan 

MEMBENTUK OTOT BUAT AYAM PEMULA

1.  Latihan untuk memperkuat otot dan stamina bisa dilakukan dengan lari mengelilingi kandang ( kliteran ) pada pagi hari kemudian ayam dimandikan dan dijemur secukupnya. Setelah benar2 kering bulunya masukkan kandang umbaran dan seminggu sekali digebrak mulai dari 5 menit sampai 2 air secara bertahap. Dengan perlakuan semacam ini biasanya kondisi otot ayam menjadi kuat dan lentur dan jangan memandikan ayam di sore hari setelah matahari terbenam karena bulu ayam yang belum kering jika dikandangkan akan menjadikan bulu ayam kusam dan ayam menjadi bantat ( keras, kaku tidak lincah ).

2.  Makanan utama lebih baik mengikuti kesenangan ayamnya, jika ayam suka padi merah kasih aja padi merah tapi jika suka jagung kasih aja jagung burung, yang terpenting adalah porsi makanan jangan berlebihan karena nanti kegemukan, makan cukup pagi sarapan segenggam, siang kasih suplemen vitamin c dan b kompleks sore makan full/satu takaran.

3.  Kalo ayam sakit ngorok coba dikasih obat tetra chlor atau antibiotk sejenis, Sedangkan bulat hitam pada telapak kaki atau  bubul,  harus disembuhkan biar tidak mengganggu gerakan kaki ayam, caranya adalah pakai paku dan dibakar pada kepalanya sampai membara setelah itu tempelkan kepala paku tersebut pada mata bubul/ bagian bulat hitam dan keras pada telapak kaki, tunggu sesaat sampai kaki ayam dihentakkan ulangi sampai 2-3 kali tapi hati2 jangan sampai kena kulit kaki yang tidak ada bubulnya.

4.  Yang rutin dilakukan tiap hari :
Hal ini sudah diuraikan di atas tadi yaitu pagi sekitar jam 7 (kalau ada sinar matahari) dimandikan, lalu dijemur paling lama 2 jam/liat kondisi pada saat itu, lalu di pindah ke kandang umbaran sampek siang (jam 12 siang), lalu masukkan kandang, sekitar jam 3 dilepas bentar/kliter pakek babon dan di kasih pakan dengan takaran tertentu, lalu di lap langsung masukkan kandang untuk istirahat, 2 hari sekali kasih MULTIVIRAL, GULA MERAH DAN TOMAT.

Baca juga: 
Tips Memperpanjang Nafas Ayam Aduan  
Tips Supaya Ayam Bangkok Menang Pertarungan

5.  Persiapan ayam sebelum di adu.

1. Tiap hari rawatan seperti biasa.
2. 1 minggu sekali kasih telur, jeruk pecel dan madu sedikit.
3. Kurang 5 hari di suntik neorobian 0,5 ml dan hentikan pemberian jamu.
4. Esok harinya > hari ke 1 dan ke 2 ( selama 2 hari ) seperti biasanya.
5. Hari ke 3, setelah di kasih makan, lepas bentar dan langsung di masukkan kurung untuk istirahat ( rumatan ½ hari ) tidak di keluarkan sampai hari ke 5.
6. Esok harinya ( hari ke 4 ) ayam tidak di keluarkan ( karantina ) 1 hari penuh.
7. Hari ke 5, pagi hari d sepet dopeng  0,2 ml dengan aturan yang sudah di tentukan, Baru ayam siap untuk di adu.
Selamat mencoba. Salampenghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon