Jalu Cantel Adalah Yang Paling Berbahaya

Jalu Cantel - Senjata ayam aduan yang paling ampuh adalah jalu, dan jenis jalu ada beberapa jenis. Salah satunya adalah jalu jenis cantel/centel. Cantel/centel merupakan jenis jalu ayam yang berbentuk menyerupai kail atau posisi jalu ayam yang berbentuk melengkung ke atas. Dikatakan sebagai jalu yang paling berbahaya karena jalu cantel/centel juga tergolong dalam urutan ayam mistik, karena ayam ini memiliki teknik yang unik dalam berlaga. Dari berbagai pengalaman dari rekan-rekan saya, bahwa ayam dengan jalu cantel bila berlaga pukulannya tidak terlihat mematikan,  namun lawannya tiba-tiba terluka berat dan lawan menjadi gemetar setelah terkena sayatan dari jalu cantel tersebut.

Baca juga:
Ciri Ayam Aduan Yang Tangguh 
Ciri Ayam Jago Petarung Yang Berkelas

Posisi jalu cantel yang bagus adalah berada sejajar dengan jari belakang ayam dengan posisi jalu memanjang terlebih dahulu lalu pada bagian ujung jalu melengkung 70-90 derajat keatas sehingga bila mengenai tubuh lawan, maka bagian tubuh lawan dapat langsung robek tersayat hingga mengakibatkan luka yang sangat serius. Tentu saja ini menjadikan peluang yang besar untuk menang bagi pemilik jalu cantel. Namun menurut pengalaman dari rekan-rekan dan para botoh sangat jarang sekali ayam tipe jalu centel ini membunuh lawannya di medan laga karena ayam lawan lebih memilih untuk menghindar atau melarikan diri keluar dari arena laga.

Disarankan juga memilih permukaan jalu yang berbentuk halus, padat dan berisi, dengan postur jalu yang menyerupai gading gajah, jalu seperti ini lebih kuat bila dibandingkan dengan model jalu yang memiliki permukaan yang kasar dan tidak beraturan. Seringkali bentuk jalu yang tidak beraturan patah saat diadu dan itu sangat merugikan. 

Jalu Centel banyak dicari oleh para peternak ayam aduan, terutama betinanya karena lebih mayoritas dalam menurunkan model jalu centelnya terhadap keturunannya. Berbeda dengan jago/pacek centel bila dikawinkan dengan babon cetak sekalipun sangat jarang sekali hasil keturunan yang mengeluarkan jalu centel seperti paceknya apalagi bila babon cetak tersebut bukan keturunan dari ayam jalu. 
Ayam dengan jenis Jalu Centel ini juga semakin langka keberadaannya sehingga bila ada sekalipun maka harga tentunya juga sangat mahal, terlebih lagi bila ayam tersebut memiliki struktur tubuh, kualitas, dan keturunan petarung yang baik.

Ditinjau dari sudut pandang mistik, ayam jalu centel juga masuk dalam katagori ayam "Tolak Bala" yaitu jenis ayam yang dapat dijadikan  sebagai penolak datangnya musibah, guna-guna, ilmu hitam dan sejenisnya.

Kalau sudah membicarakan tentang hal mistik ini pasti menjadi lebih menarik untuk diperjelas. Tapi sayangnya ada juga yang tidak percaya akan hal-hal seperti itu atau hal-hal yang mistik. Bagi orang realistis seperti saya, saya pikir juga hal semacam itu adalah hal-hal belum bisa di nalar oleh akal pikir jadi bisa dikatakan kurang percaya dengan hal semacam itu. Mengingat sekarang adalah jam modern yang sekian lama meninggalkan hal-hal yang berbau mistik. Jaman sekarang lebih menekankan pada realita. 

Sekian artikel tentang Jalu Cantel Adalah Yang Paling Berbahaya, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon