Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3

Ayam Kutilan/Cacar
Ayam kutilan. Penyakit seperti kutil di telapak kaki (butul dlm bhs. sunda) ayam agak pincang. Penyakit kutil yang di kepala,  bikin ayam tampak tidak sehat, susah makan dan kadang-kadang juga dikelopak mata ayam, mata ayam  terus berair dan kadang menutup mata. Beberapa cara mengatasi:

1.    Coba kutilnya dikelupas sampai keluar darahnya lalu dikasih mitialyn blue/obat biru (banyak apotik) untuk di daerah mata, obat jangan sampai masuk mata, bisa menyebabkan iritasi, mata ayam merah dan berair. Setelah beberapa hari biasanya kutil akan kering.

2.    Mencampur air minumnya dengan antisep, ayam di beri minum sampai sembu , biasanya akan timbul semua, lalu terkelupas dengan sendirinya, cara ini sangat efektif.

3.    Dikasih cecak, 1 hari 1 cecak, 2 hari kemudian cacarnya akan rontok semua.

4.    Olesi cacar dengan obat: Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (bisa pilih salah satu). Sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.

5.    Memakai obat alami pun dapat dilakukan seperti menggunakan batang daun iodium.

6.   MENGGUNAKAN DAUN TAPAK LIMAN. Tumbuk halus daun tapak liman setelah itu oleskan pada luka kutil ayam, selama pengobatan pisahkan dengan yg lain, dan usahakan tutupi ayam sakit tersebut dengan selambu untuk menghindari gigitan nyamuk yg nantinya bisa menularkan kepada ayam yang lainnya. Baca selengkapnya pada artikel 11 Tips Mengatasi Penyakit Cacar/Kutil
   
Tetelo
Tetelo. Gejala pertama, berak encer putih setengah bagian (seperti cat putih tercecer di lantai), sebagian lagi lembek tapi tidak encer berwarna agak kehijauan. Gejala sakit seperti lemas, lesu dan murung belum tampak. Jika cepat dipisahkan dan ditangani maka ayam aduan bisa sembuh. Beberapa cara mengatasi:

1.  Berdasarkan pengalaman, antiseptik/desinfektan alami yaitu daun sirih (bukan batang sereh untuk memasak), ternyata bisa menyembuhkan ayam bangkok dewasa yang baru terkena tetelo, tetapi belum pernah dipraktekkan kepada ayam bangkok yang sudah terkena tetelo yang parah. 

2.  Obat tetelo yang paling ampuh yang pernah dicoba adalah campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah (sangat pahit), sambiloto (sangat pahit), temu kunci.  Salah satu dari tanaman obat ini sebaiknya harus ada ketika membuat ramuan obat untuk tetelo.

3. Campuran kunyit putih, sambiloto dan temu kunci sangat ampuh, bisa menyembuhkan ayam bangkok dewasa. Ramuan lainnya juga bagus adalah campuran kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, daun pepaya, dan kunyit biasa.

4. Kunyit putih, sambiloto dan sirih merah merupakan antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak digunakan untuk obat kanker.  Penelitian IPB, Balitro, dan publikasi di Indosiar.com dan Kompas.com banyak menunjukkan keampuhan tanaman obat tersebut untuk kanker dan juga untuk flu burung (juga tetelo). Sebaiknya buat ramuan sesuai dengan bahan yang ada, setidaknya tiga jenis tanaman obat agar ampuh. Baca selengkapnya pada artikel Cara Mengobati Tetelo (Newcastle Disease) Pada Ayam Aduan.

Berak Putih
Berak putih. Penyakit ini disebut juga pullorum atau salmonellosis. Penyebabnya adalah bakteri Salmonella pulloum. Disebut berak kapur karena kotoran ayam yang menderita penyakit ini menjadi encer dan berwarna putih menyerupai kapur. Sifat penyakit ini sangat menular dan bisa mengakibatkan kematian pada anak ayam umur tiga bulan. Beberapa cara mengatasi:

1. Obat yang bisa diberikan adalah bawang putih, ini merupakan obat alami atau tradisional sebagai antibiotik untuk membasmi bakteri yang terdapat pada saluran pencernaan. Untuk pemberiannya sendiri terbilang mudah, cukup siapkan bawang putih secukupnya lalu diiris kecil-kecil kemudian diberikan pada ayam yang terkena penyakit ini pada waktu pagi dan sore hari atau tergantung seberapa parah penyakit tersebut. Selain untuk obat, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pencegah, jadi untuk mengantisipasi ayam kalian terserang penyakit bisa diberikan bawang putih ini.

2. Pengobatan Berak Kapur dilakukan dengan menyuntikkan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Obat-obatan ini hanya efektif untuk pencegahan kematian anak ayam.

3. Untuk menekan angka kematian anak ayam yang sudah terserang pullorum bisa digunakan antibiotik Neoterramycin 25 Soluble Powder. Takarannya, setiap 2 gram dicampur dengan 1 liter air minum. Antibiotik ini diberikan selama 3 hingga 5 hari. Sementara itu, obat untuk penyakit berak putih diberikan selama masih dibutuhkan. Cara pemberiannya bergantung pada tingkat keparahan penyakit, yakni dicampurkan ke dalam air minum jika penyakit ringan, diteteskan jika penyakit sedang, atau disuntikkan jika penyakit sudah parah. Baca selengkapnya pada artikel Pengobatan Penyakit Pullorum/Berak Putih/Kapur Pada Ayam.
   
Berak Darah
Berak darah. Penyakit ini sering disebut dengan koksidiosis. Penyebabnya adalah jenis protozoa Eimeria sp. Gejala khas penyakit ini adalah feses (kotoran) dari ayam yang terserang mengandung darah. Darah tersebut berasal dari usus yang luka akibat permukaannya ditembus oleh koksidia (bibit penyakit penyebab koksidiosis). Beberapa cara mengatasi:

1. Pemberian sayur seperti bayam yang mengandung vitamin A dan K tersebut sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel mukosa usus yang rusak dan menghentikan perdarahan.

2. Pemberian obat herbal patikan kebo dan Herbavit Plus atau ProHerbal Plus MB Broiler akan mempercepat proses penyembuhan. Kandungan herbal dan vitamin yang terdapat pada Herbavit Plus akan membantu pembasmian mikroorganisme patogen lain (infeksi sekunder) pada unggas dan kandungan vitamin akan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan immunitas unggas.

3. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berak darah adalah patikan kebo (Euphorbia hirta L). Tanaman ini dapat ditemukan diberbagai daerah di Indonesia yang mempunyai banyak nama. Antara lain: kukon-kukon, patikan (Jawa), kak sekak (Madura), daun biji kacang (Melayu), gelang susu, gendong anak (Jakarta), nanangkaan (Sunda), sosononga (Halmahera), isu mabi (Ternate) dan isu gibi (Tidore).

4.  Dikasih minyak ikan hiu (squilen kalo ga salah namanya) sama disuapin papaya.

5.  Atau pakai Tetra Chlorine yang bisa langsung di lolohkan pada mulut ayam. Selain itu, ada juga obat yang bisa dicampurkan pada air minumnya, yaitu dengan merek Trisula Zuco, tapi  baca dulu petunjuk pemakaiannya, apa saja fungsinya serta dosis yang cocok untuk ayam aduan tersebut.
Baca selengkapnya pada artikel Mengobati Berak Darah Pada Ayam Dengan Obat Herbal

Bronkitis
Bronkitis. IB (Infectious Bronchitis) merupakan suatu penyakit viral pada saluran pernapasan ayam yang bersifat akut dan sangat mudah. Penyakit ini tersifat oleh adanya cairan trakea, batuk dan bersin. Cara mengatasi:

Infeksi dengan virus ini tidak dapat diobati. Pemberian antibiotic/antibakteri hanya ditujukan untuk mengobati infeksi sekunder akibat bakteri atau Mycoplasma, yang kerapkali menyebabkab airsacculitis. Jenis obat yang diberikan biasanya dihubungkan dengan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi sekunder yang apat diperkirakan/ditentukan berdasarkan pemeriksaan patologik atau pemeriksaan bakteriologik. Baca selengkapnya pada artikel  Penanggulangan Penyakit Bronkitis Pada Ayam

Cacingan
Cacingan. Beberapa cara mengatasinya:

1.  Buah Pinang. Obat cacing untuk ayam yang pertama dan yang paling sering digunakan olah botoh tua adalah buah pinang. Khasiat buah pinang memang sangat ampuh untuk mengeluarkan cacing yang bersemayam di usus ayam. Pertama, siapkan satu buah pinang muda yang masih segar, kupas kulitnya kemudian iris kecil-kecil agar lebih mudah ditelan ayam. Selanjutnya, biarkan tembolok ayam kosong dengan cara tidak memberinya makan lebih dulu selama setengah hari. Lolohkan irisan buah pinang ke mulut ayam. Agar lebih mudah ditelan, lebih dulu celupkan irisan tersebut ke dalam minyak kelapa. Tembolok ayam terlebih dahulu dikosongkan dengan cara tidak memberi makan. Jika irisan buah pinang telah tertelan semua, beri ayam bangkok Anda minum yang banyak dengan menggunakan spon basah yang diperas. Pijat temboloknya perlahan supaya kandungan buah pinang cepat larut dalam air yang diminumnya. Masukan ayam ke kandang dan biarkan beberapa jam dan tunggu cacingnya keluar.
2. Tembakau, tembakau juga bisa menjadi obat cacing tradisional untuk ayam aduan. Dalam hal ini, tembakau yang digunakan haruslah daun tembakau yang masih segar.

3. Daun pepaya muda. Obat herbal ini digunakan dengan cara yang sama seperti penggunaan buah pinang maupun daun tembakau.

4. Atau menggunakan obat kimia seperti merk piperazin, levamizol, niklosamida, ivermectin, mebendazole. Baca selengkapnya pada artikel Mengobati Cacingan Pada Ayam Aduan

Penyakit Snot
Penyakit snot. Penyakit pilek snot di sebabkan akibat lingkungan sekitar kandang kurang kita jaga kebersihannya,akibatnya akan menimbulkan bakteri serta virus yang menyerang pada bagian pernafasan ayam bangkok,selain itu, jika ayam aduan terserang penyakit ini, ia juga akan mengalami sesak nafas yang di sertai diare. Beberapa cara mengatasi:

1. Pengobatan dengan bahan kimia, kita bisa membeli jenis obat untuk unggas bisa berupa Eritromisin, Sulfatiasol, Sulfadimetoksin, Streptomisin, Sulfametasin, Sulfamerasin. Cara memberikannya bisa dicampur dengan air minum ataupun dicampurkan kedalam makanan dengan dosis sesuai ukuran ayam tersebut.

2.  Untuk ramuan jamu tradisional, bisa menggunakan jahe, kencur dan tepung beras, semua bahan di tumbuk sampai halus lalu di campur jadi satu, lalu setelah menjadi adonan, buatlah bulat sebesar kelereng, lalu jemur hingga kering. Setelah adonan kering,sudah bisa untuk kita berikan pada ayam tersebut dengan cara kita lolohkan setiap pagi dan sore hari satu butir, berikan hingga ayam benar-benar sembuh.

3.  Menggunakan Lobak. Lobak berfungsi mencairkan  mucus. Lobak digunakan untuk lambung dan gangguan usus, masalah saluran empedu, kehilangan nafsu makan, nyeri dan bengkak (radang) dari mulut dan tenggorokan, kecenderungan terhadap infeksi, peradangan atau lendir berlebihan pada saluran pernafasan, bronchitis , demam , pilek, dan batuk.

4.  Bawang Putih, Selain lobak tumbuhan lain yang dapat digunakan adalah bawang putih yang juga dapat mencairkan mucus pada pada saluran pernapasan.

5.  Bawang merah. Bawang merah adalah tanaman yang juga berkhasiat untuk mengurangi sakit pilek pada anak ayam ini caranya dengan anak ayam di lulurin bawang merah yang sudah dihaluskan (diparut), dan juga anak ayam diberikan air campuran kunyit dan jeruk nipis dengan campuran kapur sirih tidak lupa bawang merah ini juga dapat di remukkan / geprek 2 siung dan hasil potong kecil agar dapat masuk kemulut anak ayam tersebut masukin mulut nya, ramuan ini dapat meringankan gejala pilek pada anak ayam.

6.    Jahe. Jahe membantu meringankan gangguan pencernaan, sakit gas, diare dan kram perut.

Semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Anggastika
admin
29 July 2019 at 02:09 ×

Permainan Betting Game Online Dengan 3 Kemudahan Deposit...
Via Bank
Via Pulsa
Via Ovo pay
Proses Cepat, Mudah dan Aman!!

Segera Daftar dan Dapatkan User IDnya..Gratisss...

Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
1. Sportbooks
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Poker Online
6. Sabung Ayam

Dapatkan Langsung :
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Win Streak Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244
LINE: WINNING303

Reply
avatar
novitaliang
admin
10 August 2019 at 13:41 ×

Tajen atau sabung ayam pisau merupakan sebuah budaya sabung ayam yang dinamakan sesuai penamaan masyarakat Bali.

Online atau siaran online yang mempunyai siaran live streaming secara langsung yang berada S128 dan bisa melakukan taruhan.

Silakan Kunjungi Artikel Tajen Online
https://tajenonline.com/

Penjelasan Sistem Ren Kandang Ayam Peternak
https://tajenonline.com/penjelasan-sistem-ren-kandang-ayam-peternak/

Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995

Reply
avatar
Doyan Main
admin
14 August 2020 at 11:58 ×

Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: 0877 8542 5244

Reply
avatar
moris
admin
6 September 2020 at 11:42 ×

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
Doyan Main
admin
6 February 2021 at 11:11 ×

Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
-Sports
-Poker
-Live Casino
-Slots
-Lotere/Togel
-Sabung Ayam'

Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon