Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat

Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat - Pernahkah anda  menjumpai ayam yang tiba-tiba lumpuh tidak berdaya? Ayam tersebut lemas, sayap lemas, ekor terlihat turun dan bahkan untuk berdiri saja tidak bisa. Masalah lumpuh pada ayam atau yang sering kali disebut turun urat ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab ayam lumpuh ternyata sangat beragam jenisnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga:
Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1
Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2
Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3

•  Ayam setelah di adu/abar langsung dimasukan kandang box, seharusnya setelah diadu ayam tersebut di umbar dulu untuk memperlancar peredaran darahnya.
•  Ayam terkena pukulan telak lawan di bagian tubuhnya yang sensitif. Penyebab ini dampaknya bisa langsung dirasakan saat itu juga, namun ada pula yang baru akan muncul pada beberapa hari kemudian.
•  Ayam  memukul benda-benda keras, misalnya kayu atau batu ketika tengah bertarung.
• Ayam dipaksa bertarung saat umurnya masih terlalu muda atau ditarungkan dengan ayam yang umurnya jauh lebih tua. Walau ayam muda pukulannya keras tapi tetap kalah dengan ayam yang lebih tua yang mempunyai segudang pengelaman untuk memukul bagian tubuh yang sensitif.
• Ayam ditarungkan tanpa adanya persiapan matang atau ayam belum siap tarung tapi tetap ditarungkan.
•  Ayam  terlalu sering di adu/abar  tanpa tercukupi nutrisi dan sumber energinya.
•  Ayam bisa saja terkilir, kram atau apapun yang bisa menyebabkan otot berkontraksi terlalu keras yang menyebabkan kaki, sayap, ataupun bagian lainya menjadi pegal dan sulit digerakkan.

Cara Menanganinya
Langkah pertama menangani ayam yang lumpuh adalah dengan memisahkan ayam lumpuh dengan ayam yang lain dan usahakan agar kandang ayam tersebut dalam keadaan yang hangat. Beberapa cara mengatasi ayam aduan lumpuh yang sudah dikarantina:

1.  Asupan Pakan, asupan pakan ayam harus benar-benar diperhatikan. Ayam yang lumpuh biasanya akan malas makan dan minum, oleh karena itu sebagai tuannya, penghobi harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perutnya agar tidak kosong.

2.  Berikan air minum secara terus menerus tanpa dibatasi, ayam aduan yang menahan rasa sakit tentu akan sangat membutuhkan asupan air mineral yang banyak.  Tanpa disuruhpun ayam aduan lumpuh akan minum dengan lahapnya ketika menahan rasa sakit di salah satu bagian tubuhnya.

3.  Diboboki/diloloh daun kemangi dicampur ragi tape.

Baca juga:
Beberapa Cara Mengobati Kurap/Jamur Pada Ayam Aduan
Beberapa Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah/Lepas
Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan

4. Obat Tradisional. Cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Semua bahan ditumbuk halus kemudian cekoki ayam dengan obat ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali saat malam hari. Jika di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang hingga ayam sembuh total.

5.  Multivitamin. Selain dengan menerapkan pengobatan, ada baiknya ayam yang lumpuh juga diberi multivitamin khusus. Multivitamin penting diberikan untuk menjaga kekebalan tubuhnya yang melemah akibat malas makan. Adapun merk multivitamin yang banyak dianjurkan sebagai obat ayam lumpuh oleh para botoh adalah multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus. Obat tersebut mampu untuk memperbaiki jaringan syaraf yang rusak,sakit,terkilir serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh ayam agar selalu prima.

6. Daun Serai. Daun serei bisa memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat ayam. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan daun serai yang ditumbuk pada bagian yang terlihat sakit pada ayam. Penempelan dilakukan dengan bantuan kain perban selama 1 hari harus diganti dengan daun yang baru. Ulangi langkah tersebut sampai sembuh.

7. Memijat bagian tubuh ayam yang sakit dengan salep atau minyak tawon, terutama jika pengobatan dengan daun serai tidak dilakukan. Hindari memandikan atau menjemur ayam sampai kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih. Usahakan kandang ayam selalu dalam keadaan hangat di malam hari. Caranya yaitu dengan menyelambuinya kandang bagian luar dengan kain rapat. Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali agar tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yang bisa diberikan misalnya Sangobion. Berikan pula bawang merah 1suing setiap pagi untuk nafsu makan ayam aduan yang lumpuh dapat tetap terjaga.

8. Jika ayam sudah terlihat  membaik, hentikan pemberian obat dan jemurlah ayam aduan lumpuh dengan cara memandikannya dengan air hangat terlebih dahulu.

Jamu tradisional
Untuk mencegah terjadinya ayam lumpuh bisa diberikan jamu tradisional untuk ayam. Berikut langkah-langkah membuatnya:
Bahan untuk membuat jamu ayam aduan yang dibutuhkan :
1.    Jahe instan 100 gram atau 3 ons jahe basah ditumbuk halus
2.    Kunyit instan 100 gram atau 3 ons kunyit basah ditumbuk halus
3.    Kencur instant 100 gram atau 3 ons kencur basah yang ditumbuk halus
4.    Temulawak instant 100 gram atau 3 ons temulawak basah yang ditumbuk halus
5.    1 sendok the merica bubuk
6.    3 butir telur bebek / ayam kampung
7.    200 gram kalk / great sebagai sumber mineral calcium
8.    500 gram tepung ikan kualitas yang bagus
9.    500 gram konsentrat bebek / ayam petelur
10.    511 atau pur makanan ayam secukupnya
11.    1 bungkus kamu kuat untuk manusia

Cara membuat jamu ayam aduan pencegah penyakit lumpuh ayam :
•    Campukan seluruh bahan kecuali pur ayam dan telur.
•    Setelah tercampur merata tambahkan telur dan aduk merata.
•  Tambahkan pur ayam dan juga tambahkan air secukupnya sampai bahan bahan tersebut membentuk suatu adonan yang dapat di bentuk bulat sebesar kelereng.
•   Jika seluruh adonan sudah terbentuk silahkan di jemur sampai kering, setelah kering siap diberikan pada ayam bangkok.
•  Akan lebih bagus lagi jika pakan ayam yg diberikan ditambah pakananan yang banyak mengandung kalsium, fosfor, vit A, vit D, vit B12.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
rehan putar
admin
5 February 2017 at 18:38 ×


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (3.50) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB AKI_ MANGKUBONO _:(0852 0333 3887)terima kasih

Congrats bro rehan putar you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon