Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2

Pernafasan Jelek
Ayam tidak kuat nafas. Beberapa cara mengatasi:
1.    Sebelum tarung, 3 hari sebelumnya dimakankan telur + laos yg dijemur.
2.    Ayam aduan hendaknya diberi makanan yang tidak mengandung lemak. Untuk lebih tepatnya ayam diberi makan beras merah, karena beras merah hanya sedikit sekali mengandung lemak. Hindari pemberian makan seperti jenis makanan ayam yang berupa foer buatan pabrik, jagung, nasi dan seterusnya.
3.    Hendaknya dirawat dengan cara dimandikan tiap pagi kemudian dijemur sampai ayam sedikit kepanasan. Biasanya ayam yang sudah tidak kuat akan terlihat melonjat-lonjat atau seakan akan mau keluar dalam kurungan. Jika ayam terlihat demikian harus segera diangkat ketempat yang teduh dan ingat ayam jangan diberi minum sampai ayam sudah tidak ngosngosan. Biasanya waktu penjemuran antara 1 sampai 3 jam tergantung pada ayam dengan tingkat lemak dalam tubuh ayam tersebut.
4.    Untuk mendukung stamina dan nafas ayam aduan, ayam bisa diberikan jamu dengan ransum yang terbuat dari bahan alami seperti kencur, lengkuas, merica, kunci dan telur bebek. Bahan-bahan tersebut bisa diparut dan kemudian diberikan pada ayam.
5.    Melalui latihan. Sebagai contoh saja, jika pertama ayam melakukan jajal tarung dalam tempo 5 menit, hari berikutnya kita berikan latihan 10 menit, hari selanjutnya 15 menit begitu seterusnya sampai kita temukan nafas ayam tidak megap-megap hingga beberapa ronde sesuai yang telah kita tetapkan. Misal target kita adalah ayam mampu menyelesaikan 5 ronde.
6.    Daun sirih yang muda ternyata juga berguna untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Cara pemberiannya bisa ditumbuk lalu dilolohkan ke ayam.
7.    Kaktus, lidah buaya dan madu. Tumbuk kaktus dan lidah buaya, campur kan dengan madu, berikan pada ayam setiap hari.
Baca selengkapnya pada artikel Tips Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Ayam Bantat
Ayam bantat, ayam mengalami susah untuk bergerak, otot menjadi kaku,dalam hal lompatan kurang tinggi dan lincah. Beberapa cara mengatasi:
1.    Makankan temukunci yg dibakar.
2.    Menggunakan pasir yaitu ayam aduan tersebut di suruh atau letakan dalam hamparan pasir kering agar dia berkipu/mandi pasir.
3.    Selain berkipu, ayam bantat dapat  di pulihkan dengan di kumpulkan bersama induk-induk muda.
4.    Selain itu juga beri kesempatan untuk si ayam bergerak secara bebas dan sediakan tempat tangkringan  untuk bertengger agar sering melompat.
Baca selengkapnya pada  Ayam Bantat : Beberapa Cara Mengatasinya

Ayam Ngorok
Ayam ngorok. Beberapa cara mengatasi:
1.    Dikoroki dengan minyak tanah
2.    Daun sirih. Salah satu obat ayam ngorok adalah daun sirih. Resep ini dibuat dengan merebus 5 helai daun sirih (daun sirih merah lebih bagus) dalam 1 gelas air bersih.
Kemudian air rebusan tersebut disaring dan campurkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Lalu diminumkan pada ayam yang ngorok ketika masih hangat. Dosis yang digunakan adalah 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.
3.    Bawang putih. Bawang putih juga tergolong obat ayam ngorok tradisional yang mujarab dalam meredakan masalah pernafasan ayam. Bawang putih yang diparut, kemudian diambil sarinya, lalu sari tersebut diminumkan pada ayam yang menderita sakit ngorok
4.    Getehan. Obat ayam tradisional yang satu ini sangat ampuh dan mujarab sekali. Ketika sore diberikan, ngorok pada ayam akan sembuh di pagi harinya. Tapi sayangnya obat ini susah ditemukan.
5.    Jeruk nipis ditambah kecap manis . Caranya : jeruk nipis diperas airnya sebanyak 1 sendok teh ditambah kecap manis secukupnya kemudian langsung diminumkan ke ayam, dan berikan pada waktu pagi hari, diulang 2-3 hari sampai sembuh.
6.    Blimbing wuluh atau blimbing sayur. Caranya : ayam dikorok dengan air hangat sampai bersih, kemudian ambil lah blimbing wuluh 1 buah, sedikit di pencet dan langsung diberikan ke ayam. Berikan pada waktu pagi hari, diulang 2-3 hari sampai sembuh.
7.    Buah mengkudu masak dan merupakan obat ngorok yang paling ampuh. Caranya : mengkudu diiris seukuran jari lalu dilolohkan, pemberian dilakukan sehari sekali, boleh pagi atau sore, dan sebelum ayam aduan diberi makan.
8.    Dengan menggunakan obat kimia. Yang diantaranya adalah tetrachrol, trymizin, vitamin B complek atau vitaplex, obat batuk. dan untuk penyakit ngorok yang membandel, bisa disuntik memakai tylon, dosis pemberiannya adalah 2cc untuk ayam dewasa. Atau baca artikel pada Mengobati Ayam Ngorok Dengan Obat Tradisional.

Memendekkan/Memotong Jalu
Memendekkan/Memotong jalu. Beberapa cara mengatasi:
1.    Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi jalu pasti berdarah. Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tersebut kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori-pori jalu yang berdarah.
2.    Memendekkan jalu ayam tanpa mengeluarkan darah. Caranya, sebelumnya siapkan sebatang kayu ukuran skitar 5x5 cm atau benda lain yg serupa (palu dll). Jalu ayam dipukul-pukul dgn menggunakan kayu atau benda tersebut selama kurang lebih 5 menit sampai kaki ayam kesemutan. Setelah itu baru dipotong/dipendekkan jalunya menggunakan cutter atau pisau lipat, penggunaan rivanol atau alkohol hanya untuk mencegah infeksi.
3.    Pakai kentang atau singkong panas (dikukus) trus ditancapkan ke jalu, diamkan kira-kira 1-2 menit nanti kecabut sendiri jalu luarnya, jalu muda dioles rivanol atau antiseptik, nanti kalau sudah kering bisa dikapurin biar cepat keras.
4.    Potong Habis. Cara ini bisa di lakukan apabila kita tidak menginginkan si jago punya Jalu sama sekali yaitu dengan cara, potong pangkal Jalu dekat dengan ruas kaki menggunakan gergaji besi dengan tempo cepat sehingga akan mengurangi pendarahan, apabila pendarahan terjadi, beberapa peternak mengolesi bubuk kopi sebagai enzim penghambat dan beberapa lainnya menempelkan besi panas ke bagian luka terbuka sampai darah berhenti.
5.    Cabut Paksa. Cara ini lebih sering di gunakan para bebotoh atau peternak, namun perawatan pasca pencabutan harus intensif, caranya ambil tang ( penjepit ) dan jepitkan tang tersebut ke pangkal jalu, eratkan dan putar pelan-pelan sambil di goyang-goyang sampai kulit keras jalu tercabut dan meninggalkan bakal jalu yang masih lunak di dalam, balut dengan pembalut luka namun terlebih dahulu basuh dengan antibiotik, masukan ayam ke kandang rawatan serta beri tangkringan.
Selengkapnya baca artikel Cara Meruncingkan, Memotong dan Mencabut Jalu Ayam Aduan.

Mata Ayam Kena Pukul
Mata ayam kena pukul. Beberapa cara mengatasi:
1. Ditetesi air lombok atau air sirih.
2. Daun kelor dipetik bersama tangkainya, lalu lembar daun dipatahkan dari tangkainya.  Dari patahan tadi akan keluar getah. Getah ini diteteskan ke mata yang terluka, cukup sebanyak 2-3 tetes. Cara lain, lembar daun dicuci, kemudian dilumatkan, dan diperas airnya, diserap dengan kapas, kemudian diperas dan diteteskan pada mata yang terluka. Setelah itu, mata ditutup plester. Bila esoknya mata masih bengkak, berikan kembali getah kelor. Biasanya mata akan pulih dengan perlakuan ini.  
Baca selengkapnya pada artikel Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu.

Ayam Diare
Ayam diare. Gejala pada ayam mencret atau diare dengan warna kotoran berwarna kuning, coklat atau hijau berlendir dan berbau busuk bisa diagnosa Kolera. Adanya bakteri menyerang pernapasan dan pencernaan
1.    Malam diminumkan air kunyit.
2.    Tumbukan jahe, kunir, kencur  dan lempuyang.  Air perasan ini dicampurkan pada air minum.
Sedangkan ampasnya campurkan pada sedikit pakan. Dan sebaiknya ayam yang mencret tersebut di pisahkan dari ayam yang lain dengan mengurungnya ditempat yang hangat , jangan lupa membersihkan kandang ayam juga. Biasanya penyakit mencret ini memang biasa terjadi saat perubahan musim.
3.    Olesin diperut ayam pake minyak kayu putih atau minyak tawon.
Selengkapnya baca artikel  6 Ramuan Obat Herbal/Alami Untuk Ayam Aduan

Nafsu Makan Berkurang
Nafsu makan berkurang. Beberapa cara mengatasi:
1.    Ayam aduan diberi tambahan makanan yang bervariasi bisa dengan memberikan singkong mentah atau direbus juga bisa atau ubi bahkan talas rebus, menambahkan sayuran atau daun-daunan seperti daun pepaya, bayam, singkong, lengko dan pegagan atau yang ada di sekitar kita saja seperti bawang putih, bawang merah dan jahe atau bisa juga sayuran seperti daun papaya atau bisa juga dengan vitamin tambahan buatan pabrik. Adapun cara membuat dan pemberiannya, siapkanlah bawang putih 3-4 siung, jahe 3 batang diiris sampai halus ditambah parutan 10 gr jahe kemudian campurkan pada pakan setiap pagi untuk 10 ekor ayam dewasa. Daun pepaya yang direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam juga baik untuk menambah nafsu makan.Secara rutin dan berkala berikanlah pada ayam 2-3 bulan sekali tergantung dari kondisi dan keadaan ayam aduan.
2.    Tambahkan air jika nafsu makan turun, dengan kadar air dalam pakan seharusnya tidak melebihi dari 14% yang nantinya akan membantu nafsu makan ayam aduan bertambah besar lagi.
3.    Resep lain: ruas temu kunci yang besarnya se ibu jari, gula merah secukupnya, asam jawa secukupnya. Cara pembuatanya: semua bahan di atas di cuci hingga bersih, seteh brsih,semua bahan di campur jadi satu.Bakar bahan di atas hingga matang. Bisa kita berikan pada ayam bangkok setiap hari berikan pada malam hari.
4.    Minyak ikan, minyak ikan ini terbukti berkhasiat untuk meningkatkan pola makan ayam aduan, karena minyak ikan ini banyak mengandung zat-zat protein maupun vitamin yang bagus untuk ayam bangkok.
5.    Menggunakan terasi, terasi ini sumber protein tinggi, karena dalam terasi terdapat udang rebon yang baik untuk ayam aduan. Caranya dengan memberi sedikit saja terasi pada ayam bangkok
6.    Temulawak, temulawak ini salah satu tumbuhan tradisional indonesia yang memilki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk meiningkatkan nafsu makan ayam aduan.
7.    Kencur, kencur ini bermanfaat juga untuk meningkatkan nafsu makan, karena kencur ini dapat membantu secara tidak langsung, karena kencur kaya minyak atsiri yang membuat pencernaan lebih segar, sehingga pencernaan lebih lancar.
8.    Obat-obatan yang bisa juga untuk di gunakan adalah obat atau produk yang mengandung cyproheptadine (digunakan pada hewan untuk meningkatkan nafsu makan, hewan uji kucing), pizotifen (efek dan kinerja mirip dengan cyproheptadine), atau lysin (asam amino, digunakan pada sirup untuk meningkatkan nafsu makan pada anak dan balita).
Baca selengkapnya pada  14 Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam

 Sekian dulu, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.


Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Anggastika
admin
21 July 2019 at 07:56 ×

Permainan Betting Game Online Via PULSA Yang Sedang Populer Saat ini...

Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
1. Sportbooks
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery
5. Poker Online
6. Sabung Ayam

Dapatkan Langsung :
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Win Streak Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244
LINE: WINNING303

Reply
avatar
Steven
admin
24 July 2019 at 03:12 ×

Tajen atau sabung ayam pisau merupakan sebuah budaya sabung ayam yang dinamakan sesuai penamaan masyarakat Bali.

Online atau siaran online yang mempunyai siaran live streaming secara langsung yang berada S128 dan bisa melakukan taruhan.

+62-8122-222-995

Reply
avatar
Doyan Main
admin
12 August 2020 at 12:01 ×

Suka bermain slot??
ada nih slot terbaru dari Pragmatic namanya : AZTEC GEMS DELUXE
atau
Belum punya akun slot???
mari join bersama kami di WINNING303
Agent Slot terpecaya & teraman
banyak bonus menarik untuk slot menanti anda

Hubungi kami Sekarang Juga :
WA: 0877 8542 5244

Reply
avatar
moris
admin
29 August 2020 at 00:13 ×

Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

Yakin Cuma Baca Doank??

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon