5 Syarat Mutlak Petarung Tangguh

Sobat penghobi ayam laga pasti setuju jika ayam petarung adalah jenis ayam dari trah apa saja yang mempunyai gaya original masing-masing. Selain postur tubuh yang ideal atau ciri fisik yang baik, ayam petarung yang baik dan tangguh harus mempunyai 5 syarat pokok, yakni :
1. Kerja kaki
Maksud saya dengan kerja kaki adalah kaki naik atau mengenai ke anggota tubuh lawan bagian mana saja asal mengena dengan tepat. Anda bisa bayangkan pukulan yang sangat dahsyat namun tidak akurat mengenai tubuh lawan, percuma bukan? Buang-buang tenaga saja.

2. Kekuatan
Setelah mampu mengenai bagian tubuh lawan dengan akurat atau tepat sasaran, kekuatan pukulan juga menjadi syarat mutlak karena sangat berpengaruh pada efek pukulannya. Karena tanpa kekuatan yang cukup, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menumbangkan lawan, atau mungkin malah akan tumbang sendiri karena kekuatan pukul lawan lebih baik.

3. Gaya
Tentu saja gaya bertarung ayam juga memegang peran yang sangat penting. Dalam pertarungan di arena, memukul dan di pukul adalah dua hal yang mutlak terjadi. Ayam yang hanya bisa memukul namun tidak tahan dengan pukulan maka  akan sangat rentan lari sendiri walau popsisinya  diatas angin. Oleh karenanya, gaya bertarung ayam menjadi sangat penting atau sangat dibutuhkan untuk meminimalisir balasan dari lawan atau bisa disebut punya tadah yang baik. Gaya atau solah atau teknik yang paling bagus adalah gaya apa saja boleh yang penting aman dari pukulan lawan atau gaya tersebut membuat kualahan untuk memukul. Anda bisa memilih gaya lock, nyusup, lari pukul lari, atau yang lainnya, yang diutamakan adalah  tidak mudah dipukul.

Baca juga:

3 Modal Dasar Ayam Aduan Punya Stamina Bagus 
Ayam Aduan Modern Ayam Terpopuler Saat Ini

Lihatlah video berikut untuk melihat contoh teknik atau gaya ayam yang termasuk baik:


4. Original

Ayam harus punya keoriginalan, maksudnya adalah ayam ini mempunyai ciri khusus atau ciri dominan dalamhal  bertarung. Misalnya, ketika musuh meng- lock, maka dia akan mundur untuk mengambil stand memukul. Atau contoh lain,ketika di lock, ayam tersebut akan lari kemudian berbalik arah secara tiba-tiba dan melancarkan pukulan kipas, tanpa mematuk, biasa ditemui pada ayam birma. Apapun jenisnya ayam, usahakan ayam mempunyai ciri khusus untuk mendapat peluang menang yang lebih besar.

5. Soul
Untuk yang kelima ini mungkin akan terdengar berlebihan, yaitu ayam yang baik punya Soul. Maksudnya soul ialah hubungan ayam dengan majikannya. Karena sering di temui kejadian  ayam bagus dan sempurna, namun tidak membela majikannya. Misalnya saja, sehari sebelum tanding tarung, ayam tiba-tiba mencret, dan itu berulang-ulang ketika mau di tandingkan. Atau juga ayam tersebut tajinya patah kena kandang atau tanpa sebab yang jelas, padahal ayam tersebut dalam kondisi prima. Banyak contoh lain yang bisa kita ambil, namun intinya, ayam selalu "beralasan" ketika disuruh "kerja". 

Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon