Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Aduan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu tradisional yang hampir dan pasti kita gunakan untuk memasak berbagai macam masakan. Dikarenakan aroma gurih bawang putih ini bisa menyebabkan semua masakan menjadi lebih nikmat, enak dan sedap. Lalu apa hubunganya dengan ayam aduan ? Ternyata bawang putih ini banyak sekali kegunaanya untuk ayam aduan. Nah, buat sobat penghobi ayam laga yang penasaran dengan manfaat pemberian bawang putih untuk ayam bangkok, berikut beberapa manfaatnya :

1. Kandungan yang ada pada bawang putih

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol untuk mencegah jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Selain itu juga, umbi bawang putih mengadung beberapa zat diantaranya :

Baca juga:
Manfaat Pisang Raja dan Madu Untuk Ayam
Manfaat Gula Jawa Bagi Ternak Ayam
Manfaatnya Keong Mas Bagi Ayam Aduan
Energi 623 kJ (149 kcal)
Karbohidrat 33,06 g
Gula 1.00g
Diet serat 2,1 g
Lemak 0,5 g
Protein 6,39 g
Beta-karoten 5 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)
Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)
Vitamin B6 1,235 mg (95%)
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
Vitamin C 31.2 mg (52%)
Kalsium 181 mg (18%)
Besi 1,7 mg (14%)
Magnesium 25 mg (7%)
Fosfor 153 mg (22%)
Kalium 401 mg (9%)
Sodium 17 mg (1%)
Seng 1,16 mg (12%)
Mangan 1,672 mg
Selenium 14.2 mg

Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.  
Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
  
2. Manfaat bawang putih untuk ayam bangkok

Ada beberapa manfaat yang baik untuk ayam bangkok, salah satunya adalah melancarkan peredaran darah ayam aduan, Nah biar lebih jelas, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk ayam aduan:

1. Melancarkan peredaran darah. Salah satu manfaat bawang putih adalah melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

2. Mengobati radang. Bawang putih mengandung anti peradangan, jika ayam mengalami radang tenggorokan/"manikan" atau ayam sering tersedak ketika makan, dengan menumbuk bawang secukupnya dan melolohkan pelan-pelan ini akan melancarkan tenggorokan.

3. Meredakan nyeri. Manfaat yang lain adalah dipercaya dapat meredakan nyeri pada otot dengan cara mengompreskannya ke bagian yang terasa nyeri stelah bertarung.

4. Menyembuhkan korep. Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri maupun jamur. Untuk pengobatan korep, dengan merendam bagian tubuh yang terserang korep kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih. Bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.

Baca juga:
Kandungan dan Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan  
Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Aduan
3. Cara pemberian bawang putih ke ayam aduan
  
Pertama kupas bawang putih terlebih dahulu, kupas dari kulit luarnya saja dan tidak perlu di cuci. Kemudian ditumbuk sebentar agar khasiatnya segera terasa pada ayam. Berikan satu siung bawang putih untuk satu ekor ayam dewasa setiap tiga hari sekali.

Dosis bisa ditingkatkan menjadi dua hari sekali jika dirasa perlu. Misalnya musim penghujan sehingga udara sangat dingin atau saat perubahan musim. Kalau dosisnya terlalu banyak, ayam akan mengalami gangguan pencernakan, biasanya sih mencret dan tiap pagi kandang ane pasti bau bawang putihnya menyengat. Jadi kotoran ayamnya berbau bawang putih. Untuk pengobatan penyakit, bawang putih bisa diberikan setiap hari. Kalau saya, biasanya sore sebelum ayam aduan tidur. Sekian artikel tentang Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Aduan, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
19 May 2019 at 03:19 ×

jamu bukan hanya untuk manusia gan.. namun untuk ayam juga ada,.. baca artikel nya di https://peduliayam.com/2019/05/18/memberikan-jamu-ayam-laga-sesudah-bertarung/

Congrats bro agenayamterpercaya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon